IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL) DI MAN JENEPONTO

Kurniati Kurniati(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12073

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (Boarding School)di MAN Jeneponto dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Jumlah informan sebanyak 10 orang. Adapun kriteria informan yaitu kepala asrama MAN Jeneponto selaku penanggung jawab, pembina Asrama putra dan putri dan siswa MAN Jeneponto yang tinggal di Asrama. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di MAN Jeneponto yaitu menggunakan metode percakapan, pembiasaan dan keteladanan. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada sekolah berasrama (boarding school) di MAN Jeneponto yaitu (a)  Faktor pendukungnya yakni faktor kebiasaan dan pendidikan. (b) Faktor penghambatnya yakni fasilitas di lingkungan asrama dan peserta didik.


Keywords


Pendidikan Karakter; Sekolah Berasrama (Boarding School).

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.