PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI MADRASAH ALYIAH BUNTU BARANA KABUPATEN ENREKANG

Humariah Humairah(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12070

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keaktifan belajar sosiologi siswa kelas XI IPS di Madrasah Aliyah Buntu Barana Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing- masing siklus terdiri tadi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPS MA Buntu Barana Kabupaten Enrekang sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 5 laki- laki dan 9 perempuan, tahun ajaran 2016/2017 semestar genap pada mata pelajaran sosiologi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan observasi menggunakan dua observer. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis kuantitatif pendekata deskriptif untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penggunaan media audio visual di kelas XI IPS MA Buntu Barana kabupaten Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata- rata keaktifan 69,4% dalam kategori tinggi, kemudian dilanjutkan lagi siklus II, dengan perolehan hasil pengamatan rata-rata 84,72% dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, maka H1 diterima yaitu jika menggunakan media audio visual dalam proses pembelajaran sosiologi maka keaktifan belajar siswa kelas XI IPS MA Buntu Barana Kabupaten Enrekang meningkat pada penelitian ini diterima. 


Keywords


Media Audio- Visual; Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 971 times | PDF view : 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.