PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12067
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dan masing-masing siklus dilakukan sesuai tahap dalam PTK yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan pendekatan presentase untuk mengetahui sejauh mana tingkat keaktifan belajar sosiologi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : pada siklus I keaktifan belajar siswa sudah mencapai standar dari indikator keaktifan belajar siswa yaitu 80,35% yang diikuti dengan tingkat keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran scramble yaitu 78,84%, kemudian dilanjutkan lagi siklus II, hasil yang di dapat untuk keaktifan belajar siswa yaitu 91,96% yang diikuti dengan tingkat keberhasilan guru yaitu 90,38%. Berdasarkan hasil tersebut, maka H1 diterima yaitu jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran sosiologi maka keaktifan belajar siswa XI IPS 4 SMA Negeri 1 Makassar meningkat. Maka hipotesis dalam penelitian ini diterima
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 165 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.