LINEARITAS PENDIDIKAN GURU BIDANG STUDI DAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 KAJUARA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Nwgwri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12065
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Proses pembelajaran mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang linear dan guru yang tidak linear dengan latar belakang pendidikannya di SMA Negeri 1 Kajuara dan 2) Hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang linear dan guru yang tidak linear dengan lata rbelakang pendidikannya di SMA Negeri 1 Kajuara. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.Jumlah informan sebanyak 8 orang guru, 10 orang siswa dari kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Proses pembelajaran mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang linear dan guru yang tidak linear dengan latar belakang pendidikannya di SMA Negeri 1 Kajuara yaitu (a) proses pembelajaran oleh guru yang linear dengan latar belakang pendidikanny aadalah mengkombinasikan penggunaan metode ceramah, metode diskusi dan metode demonstrasi, melakukan evaluasi dan penguatan materi, menggunakan media pembelajaran, dan siswa antusias mengikuti pelajaran; (b) proses pembelajaran oleh guru yang tidak linear dengan latar belakang pendidikannya adalah menggunakan metode ceramah, mengandalkan sumber referensi dari buku, dan siswa kurang aktif dalam proses belajar dan 2) Hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang linear dan guru yang tidak linear dengan latar belakang pendidikannya di SMA Negeri 1 Kajuara yaitu (a) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang linear adalah kreatifitas siswa meningkat, daya serap siswa yang baik dan kemampuan mengaplikasikan materi ajar dalam lingkungan sekitarnya; (b) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang tidak linear adalah kurangnya minat belajar siswa dan kurangnya percaya diri yang dimiliki oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 278 times | PDF view : 34 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.