LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KINERJA GURU MTs NURUL HIKMA TOLADA KABUPATEN LUWU UTARA

Ristra Aprilia Utami(1*), irwansyah Idham(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11803

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kendala yang dihadapi guru non sarjana pada saat mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. 2) Penyebab guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang studi yang diampuh dan penyebab guru non sarjana diperbolehkan mengajar di MTs Nurul  Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. 3) Aspek yang mempengaruhi  keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang belum sarjana mengajar dan guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang strudinya di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara sebanyak 7 guru serta 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kendala yang dihadapi guru non sarjana pada saat mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) Siswa; b) Kurang mampu menguasai kelas; c) Administrasi; d) Metode pembelajaran yang monoton. 2) Penyebab guru mengajarkan tidak sesuai dengan bidang studi yang diampuh dan penyebab guru non sarjana diperbolehkan mengajar di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) Kekurangan guru yang sesuai bidang ilmunya; b) Kurangnya Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan keguruan di Luwu Utara. 3) Aspek yang mempengaruhi keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di MTs Nurul Hikma Tolada Kabupaten Luwu Utara: a) kemampuan menyusun rencana pembelajaran; b) Kemampuan melaksanakan pembelajaran; c) Kemampuan melaksanakan hubungan antar pribadi; d) Kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar; e) Kemampuan melaksanakan program pengayaan; f) Kemampuan melaksanakan program remedial.


Keywords


Kinerja Guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.