ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS SMA NEGERI 5 PATAMPUAN)

Nuareni Nuraeni(1*), Chamsiah Ishak(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11800

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkat mutu pendidikan di SMP Negeri 5 Patampanua. 2) Peran kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Jenis penelitian ini kualitatif. Jumlah informan terdiri dari 20 orang dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah SMP Negeri 5 Patampanua dalam meningkat mutu pendidikan yaitu demokratis dan karismatik dengan ditandainya sikap yang ditunjukkan kepala sekolah. 2) Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Patampanua dalam menjalankan kepemimpinannya telah melaksanakan peran dan fungsinya sebagai leader, supervisor, educator, innovator, motivator, administrator, dan manager dengan hasil yang baik. Dengan semangat, tekad, serta kemampuan diri dan keberanian untuk menggunakan kekuatan dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan memanfaatkan peluang


Keywords


Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.