DAMPAK DIKLAT TERHADAP KOMPETENSI GURU SOSIOLOGI DALAM MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KABUPATEN TAKALAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11797
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Dampak diklat terhadap kompetensi guru sosiologi dalam mengajar di SMA Negeri di Kabupaten Takalar. 2) Bentuk-bentuk diklat yang pernah diikuti guru sosiologi di SMA Negeri di Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling jumlah informan 7 orang. Adapun bentuk teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dampak diklat terhadap kompetensi guru sosiologi dalam mengajar di SMA Negeri di Kabupaten Takalar yaitu: (a) Menambah wawasan guru, (b) Guru lebih kreatif dan (c) Meningkatkan proses pembelajaran. 2) Bentuk-bentuk diklat yang pernah diikuti guru sosiologi di SMA Negeri di Kabupaten Takalar yaitu: (a) Pelatihan pembelajaran Kurikulum 2013 (K13), (b) Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dan (c) Pelatihan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 94 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.