OPTIMALISASI PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) DI SMP TRIDHARMA MKGR MAKASSAR

Muh. Abrar(1*), Firdaus W Suhaeb(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11796

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) bagaimana pelayanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di SMP Tridharma MKGR Makassar; 2) faktor-faktor apa yang menghambat dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di SMP Tridharma MKGR Makassar; 3) upaya-upaya yang dilakukan dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di SMP Tridharma MKGR Makassar. Jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini adalah 14 orang, yang dipilih berdasarkan kriteria; 1) pihak dinas pendidikan; 2) pihak sekolah 3) komite sekolah. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap pengabsahan data dengan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelayanan standar pelayanan minimal di SMP Tridharma MKGR Makassar belum sesuai dengan standar pelayanan minimal yakni pada jumlah peserta didik, laboratorium yang tidak tersedia, ruangan guru yang tidak tersedia, kunjungan pengawas yang hanya dilakukan 3 kali setiap semester, jam bekerja guru perminggunya, dan jumlah jam kegiatan pembelajaran di setiap minggunya. 2) faktor penghambat dalam pemenuhan standar pelayanan minimal di SMP Tridharma MKGR Makassar yaitu tidak adanya fasilitas berupa gedung sekolah, adanya siswa pindahan, fasilitas dari gedung sekolah yang ditempati tidak memadai dan kunjungan pengawas se-kota Makassar serta struktur sekolah tidak berjalan dengan baik. 3) upaya yang dilakukan dalam pemenuhan standar pelayanan minimal di SMP Tridharma MKGR Makassar yaitu membentuk suatu tim dalam rangka pemenuhan standar pelayanan minimal serta melakukan komunikasi yang intens melaui handphone dengan pengawas.

 


Keywords


Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.