DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE PADA HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 12 MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11794
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa SMAN 12 Makassar bermain game online dan dampak game online pada siswa di SMAN 12 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penarikan Informan didasarkan pada kriteria yaitu Siswa (Laki-laki) yang Bermain Game online, Masih terdaftar sebagai siswa di SMAN 12 Makassar, dan Merupakan siswa kelas XI IPS 2. Informan penelitian sebanyak 8 (delapan) orang siswa SMAN 12 Makassar. Penentuan Informan dilakukan cara purposive sampling karena teknik ini memilih orang (informan) dengan berbagai penilaian tertentu menurut kebutuhan peneliti, sehingga dianggap layak untuk dijadikan sumber informasi atau informan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Siswa SMAN 12 Makassar bermain game online mulai dari motivasi dimana mereka merasakan perasaan tantangan yang dihadirkan oleh sebuah game yang mereka mainkan sehingga hal itupula yang menyebabkan mereka sangat termotivasi untuk menyelesaikan setiap tantangan-tantangan yang terdapat dalam game online yang telah mereka download, yang kedua motivasi untuk menghilangkan rasa bosan dimana hal ini memicu mereka menjadikan game online sebagai alternatif atau pelarian ketika mereka jenuh atau merasa bosan. Dan yang terakhir yaitu kurangnya hubungan sosial didunia nyata seseorang yang merasa kesepian, cenderung tertutup dan kurang memiliki hubungan sosial di dunia nyata memotivasi seseorang untuk mencari sesuatu yang membuatnya bisa meningkatkan rasa percaya diri serta menghilangkan rasa kesepian dengan mencari seseorang yang mampu mengerti akan keadaan yang dirasakannya. Serta Terdapat dua dampak bermain game online terhadap hasil belajar siswa di SMAN 12 Makassar yaitu dampak positif dan negatif dimana, dampak positifnya berupa yaitu memudahkan seseorang dalam mempelajari bahasa inggris, membuat seseorang lebih fokus terhadap pelajaran, melatih kesabaran dan melatih kerja sama tim. adapun dampak negatifnya yaitu kecanduan bermain kemudian muncul rasa malas belajar sehingga menyebabkan buruknya nilai mata pelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 625 times | PDF view : 307 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.