PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 2 BANTAENG

Akram Pratama(1*), Musdaliah Mustadjar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.11781

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: “Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)”. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Bantaeng, dengan jumlah siswa 24 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data kuantitatif dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil terevaluasi siklus I ke siklus II yang kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 58,99 dengan persentase ketuntasan hanya sebesar 29,16%. Sedangkan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 71,66 dengan persentase ketuntasan 70,83%. Hasil uji hipotesis diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II itu menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Bantaeng

Keywords


Model Pembelajaran; Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.