Retorika Persuasi Khatib Khutbah Jumat di Masjid Al-Khaer Kabupaten Gowa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43692
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan bahasa persuasi khatib khutbah Jumat di Masjid Al-Khaer, 2) Mendeskripsikan pendapat jamaah mengenai efek bahasa persuasi khatib khutbah Jumat di Masjid Al-Khaer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif disajikan deskripsi. Data penelitian berupa bahasa persuasi dan pendapat jamaah mengenai efek bahasa persuasi yang digunakan khatib di Masjid Al-Khaer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi berupa rekaman khutbah Jumat, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah identifikasi data, klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa persuasi yang disampaikan kahatib khutbah Jumat di Masjid Al-Khaer yang dibawakan oleh khatib AR, RT, ET, dan AB memiliki terknik persuasi langsung, tidak langsung, referensi/acuan, cerita, analogi, dan sebab-akibat. Pendapat jamaah mengenai efek bahasa persuasi khatib khutbah Jumat di Masjid Al-Khaer memiliki efek yang berbeda-beda tehadap jamaah. Ada beberapa jamaah memiliki salah satu khatib yang paling disenangi cara menyampaikan khutbah, namun adapula beberapa jamaah yang menyukai semua keempat khatib tersebut. Setiap khatib membuat jamaah tenang dalam menyimak dan memahami isi khutbah yang disampaikan oleh khatib. Setiap khatib memiliki daya tarik tersendiri mengenai menarik dan tidak membosankannya khutbah yang disampaikan. Kutbah yang disampaikan oleh keempat khatib memiliki motivasi bagi jamaah untuk menghadiri khutbah Jumat, keimanan dan ketakwaan jamaah semakin meningkat, dan jaamaah semakin bersemangat melakukan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
Kata Kunci: bahasa persuasi, efek bahasa persuasi, khutbah Jumat, khatib khutbah Jumat
Full Text:
PDFReferences
Nosthine, William L. 1991. Mempengaruhi Orang Lain Buku Pedoman Strategi yang
Persuasif. Jakarta: Bina Rupa Aksara
Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Retorika Moderen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Roekomi, R. 1992. Dasar-dasar Persuasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Sulistyarini, Dhanik dan Zaenal, Anna Agustin. 2020. Buku Ajar Retorika.Banten: CV. AA. Rizky
Sukarno. 2013. Retorika Persuasi Sebagai Upaya Memengaruhi Jamaah pada Teks Khutbah Jumat. Jurnal: Universitas Jember
Umi Yawisah. 2016. Wacana Persuasi pada Teks Khutbah Jumat. Laporan Penelitian: Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Sekolah Tinggi Islam Negeri Stain Jurai Siwo Metro
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 40 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.