Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas

Erianti Erianti(1*), Sulastriningsih Djumingin(2), Idawati Idawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v3i1.43683

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah iswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar; (2) mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks  laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar; (3) mendeskripsikan peningkatan hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Selayar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian yaitu: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) peningkatan hasil kemampuan menulis. Teknik pengumpulan data yaitu: (1) observasi; (2) tes  kemampuan  menulis  teks laporan hasil observasi.   Hasil penelitian menghasilkan deskripsi yang terkhusus pada: (1) perencanaan proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan  model pembelajaran berbasis masalah dilakukan dengan menyiapkan RPP, materi pembelajaran, kegiatan belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, dan instrument pendukung lainnya; (2) pelaksanaan proses pembelajaran menulis teks   laporan hasil observasi yang terfokus pada kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran; (3) peningkatan hasil kemampuan menulis teks laporan hasilobservasi menggunakan  model pembelajaran berbasis masalah berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Kata kunci: menulis, laporan, berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Ajat Sudrajat. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosial Dengan Sikap Belajar Siswa. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pakuan.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstur: Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Nuralfiyah, (2018). Pentingnya Menulis bagi Mahasiswa. Pentingnya Menulis bagi Mahasiswa - Kompasiana.com

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Pujiono, S. (2008). Desain Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka.

Sagala, Syaiful., (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sani, (2014). Strategi Pembelajaran di dalam Kelas. Alfabeta:Bandung.

Suparno, dan Yunus Muhamad. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tajuddin, I. S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Makassar.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardani. (2007). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas terbuka.

Wijanarko, Agung Dwi. 2014. “Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas Vii Smpn 6 Kota Magelang Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013”. Skripsi S1. Yogyakarta: FBS UNY.


Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.