Penggunaan Kata Sapaan dalam Teks Bacaan Bahasa Makassar

Noviyanti Noviyanti(1*), Hajrah Hajrah(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v2i1.37010

Abstract


Abstrak.Penelitian ini mempunyai tujuan mendeskripsikan bentuk penggunaan kata sapaan yang terdapat di dalam beberapa teks bacaan bahasa Makassar dan mendeskripsikan fungsi penggunaan kata sapaan yang terdapat di dalam beberapa teks bacaan bahasa Makassar. Teknik pengumpulan data adalah baca dan catat. Penelitian ini adalah penelitian “kualitatif” yang bersifat ungkapa yang terdapat di dalam teks bacaan. Pada penelitian ini, data penelitian meliputi data teks, kata/frasa dan kalimat pada teks bacaan. Teknik analisis data yakni membaca teks, mengidentifikasi, menganalisis data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Agar mempermudah penelitian peneliti menggunakan instrumen dengan alat tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penggunaan sapaan pada beberapa teks bacaan bahasa Makassar yaitu terdiri dari nama diri, istilah kekerabatan, gelar, kata sapaan yang berbentuk kata ganti, kata-kata deiksi atau penunjuk, dan bentuk N(ominal) + ku, kemudian fungsi penggunaan sapaan yaitu untuk menyapa, memanggil atau menyebut lawan tutur, sebagai panggilan yang cukup sopan dan hormat, untuk menunjukkan status sosial, dan untuk menunjukkan identitas.

 Kata kunci: Sapaan, Teks Bacaan Bahasa Makassar, Bentuk, Fungsi

Full Text:

PDF

References


Aisah, S., & Noviadi, A. (2018). Ragam Bahasa Lisan Para pedagang Buah Pasar Langensari Kota Banjar. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 2(1), 81-87.

Rusbiyantoro, W. (2011). Penggunaan Kata Sapaan dalam Bahasa Melayu Kutai. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 2(1 April), 59-76.

Rusbiyantoro, W. (2014). Kesantunan melalui pemilihan kata sapaan dalam Bahasa Melayu Kutai: suatu kajian sosiopragmatik. Prosiding Prasasti, 275-283.

Setyawan, A., Suyanto, E., & Agustina, E. S. (2014). Bahasa Lisan Dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa Kelas Xi Sma Negeri I Sekincau. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(4).


Article Metrics

Abstract view : 142 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.