Dimensi Sosial dan Politik dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Fitriani Fitriani(1*), Juanda Juanda(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v2i1.37005

Abstract


Abstrak. Dimensi Sosial dan Politik dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata (Tinjauan Sosiologi Sastra). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi sosial dan politik dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dengan menggunakan kajian sosiologi sastra Ian Watt. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber penelitian ini adalah novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, sedangkan objek penelitian ini ialah berupa frasa, kata, dan kalimat dalam novel tersebut yang berhubungan dengan aspek sosiologi sastra Ian Watt. Hasil penelitian menyatakan bahwa tiga sub kajian sosiologi sastra yakni konteks sosial pengarang, sastra sebagai cermin kehidupan masyarakat, dan fungsi sosial sastra menjadi pondasi penelitian untuk mengidentifikasi dimensi sosial dan politik. Identitas atau latar belakang pengarang dalam segi asal suku bangsa dan profesi serta latar pendidikan mempengaruhi pemilihan alur, bahasa, dan penokohan dalam novel tersebut. Pencerminan kehidupan masyarakat didominasi oleh adanya permasaalahan image atau citra buruk yang tertanam dalam persepsi masyarakat sekitar. Dimensi sosial politik dalam novel tersebut berupa perbedaan strata sosial dan intrik politik.

 

Keywords: Dimensi Sosial, Politik, Sosiologi Sastra.


Full Text:

PDF

References


Ambarini, W.D., Sukirno, & Faizah, U. (2018). Analisis Nilai Moral Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Metode Peer Teaching di Kelas XII SMA. Surya Bahtera, 6(52):403—409. Asnani

Hirata, A. (2017). Sirkus Pohon. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.

Juanda, J. (2013). Education Value And Folkloer Culture Pau-Pau Rikadoang Princess Taddamplle. Jurnal of Humanity, 1(1), 71-81.

Juanda, J., & Azis, A. (2018). Penyingkapan Citra Perempuan Cerpen Media Indonesia: Kajian Feminisme. LINGUA. Jurnal Of Languag, Luterture and Teaching, 15(2), 71-82.

Juanda, M. (2019) Gender Phenomeneon in Short Story by Fanny J. Poyk in Media Online, Indonesia Kafa’ah : Journal of Gender Studies, 8(2), 135-148

Kristiana, A., Saputra, H. S., & Mariati, S. (2019). Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata: Kajian Stilistika. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, 20(2), 89-107.

Madyananda. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Septika, V. D., Agustina, E. S., & Riadi, B. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasi Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 6(4 Sep).


Article Metrics

Abstract view : 178 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.