Semiotika Charles Sanders Peirce dalam Tanda Balo Lipaq Sabbe Pada Masyarakat Bugis di Kabupaten Wajo

Andi Agussalim Aj.(1*), Adriani Safitri Akib(2), Andi Fatimah Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.23612

Abstract


Abstrak. Lipaq sabbe merupakan salah satu pelengkap tradisi yang ada di Kabupaten Wajo dikarenakan masyarakat Bugis menjadikan lipaq sabbe sebagai suatu pakaian yang digunakan dalam ritual khusus. Selain itu, lipaq sabbe juga memiliki makna yang terkandung di dalam Balonya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna tanda Balo Lipaq Sabbe menurut memori kolektif masyarakat di Wajo dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Jenis dan desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat belas macam Balo Lipaq dengan makna yang termuat di dalamnya. Balo tersebut terdiri balo tettong, balo mallo’bang, Balo coboq, Balo bombang,balo bunga lagosi, Balo batu maesa, Balo cacaq wali, Balo phinisi, Balo lontara, Balo renni. Makna filosofi yang terkandung di dalam Balo lipaq sabbe tersebut adalah kebangsawanan, keindahan, keberanian, ketuhanan.

 

Kata Kunci: Balo Lipaq Sabbe, makna, Semiotika Charles Sanders Peirce.


Full Text:

PDF

References


Agus. (2018). Kajian Bentuk dan Makna Corak Pada Kain Sutera Kota Sengkang Kabupaten Wajo.Makassar: Skripsi

A. Teew. (1982). Pengertian Semiotika pada Buku Dadan Kusmana Dengan Judul FilsafatSemiotika. Bandung: Pustaka Setia

Hartoko Dick. (1984). Pengertian Semiotika Pada Buku Dadan Kusmana Dengan Judul Filsafat Semiotika. Bandung: Pustaka Setia.

Syafira, Orizah Salfah. (2019). Estetika Seni Motif Balo Renni pada Lipaq Sabbe Sengkang. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Peirce, Charles Sanders. (1996). Pengertian Semiotika Pada Buku Dadan Kusmana Dengan Filsafat Semiotika. Bandung: Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.