Sajak Toraja Gelong Tedong dalam Tinjauan Semiotika Riffaterre

Joswin Lantang(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.22099

Abstract


Kajian ini menggunakan kajian Semiotika Riffaterre dengan, teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara. Teknik analisis penelitian dilakukan dengan  reduksi data, menyajikan data, dan melakukan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan gelong tedong dapat  dilihat dari  pertama pembacaan hermeneutik yang ditujukan untuk mendapatkan makna secara keseluruhan yaitu perjalanan kerbau yang banyak bahkan dikatakan beribu-ribu diawali dengan perjalanan melalui laut kemudian daratan dari Gowa kemudian Makassar berjalan dari sana menuju ke Enrekang atau Bambapuang, ke Karangan, Salubarani, ke Tampo, tangti,  hingga sampai di daerah Mengkendek dan melanjutkan perjalanannya hingga tiba di kota yang diimpikan yaitu Tanah Toraja. Matrik, model dan varian yang ditemukan mewakili seluruh makna dalam teks yaitu  sanjungan atau nyanyian tentang kerbau dan penggambaran kerbau dari negeri seberang yang dengan doa dan sanjungan dan harapan untuk datang ke negeri masyarakat Toraja.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto. (2013). Kajian Semiotik Riffaterre dalam Konsep Cinta Sufisme Pada Kumpulan Puisi Syair Lautan Jilbab Karya Emha Ainun Nadjib dan Pembelajarannya di SMP Kelas VIII. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Koswara, Dedi. (2011). Antroponimi dan Toponimi Universal di dalam Struktur Naratif Sastra Sunda Buhun ( Kajian Semiotik Terhadap Kelsanan Carita Pantun dan Keberasaran Wawacan Sanghyang Jagatrasa). Universitas Pendidikkan Indonesia.

Rahmawati. (2014). Unggkapan Tradisional Muna. Kendari: Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara.

Riffaterre,Michael. (1978). Semiotics of Poetry. Bloomington : Indiana University Press.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.