Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Nur Rezki(1*), Salam Salam(2), Muhammad Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i2.21930

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan integrasi nilai-nilai pendidikan karakter  (2) mendeskripsikan implementasi integrasi nilai-nilai pendidikan karakter ; dan (3) mendeskripsikan hambatan implementasi integrasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Bantaeng yang berada di wilayah Kabupaten Bantaeng. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini, yaitu data berupa 18 nilai-nilai pendidikan karakter. Sumber data penelitian, guru, silabus, dan RPP. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yakni peneliti dan instrumen pendukung meliputi panduan analisis data, panduan pengamatan, dan alat perekam. Hasil penelitian integrasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII ditemukan tiga hal: (1) integrasi pendidikan karakter terdapat nilai-nilai pendidikan karakter pada silabus dan RPP, (2) adapun implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi; dan (3) faktor hambatan implementasi dalam mengintegrasikan yaitu faktor internal.

 

Kata kunci: Integrasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Fadhillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. AR-RUZ Media: Yogyakarta.

Kosasih, Eko. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Rama Widya: Bandung.

Kurniawati, Yulia. (2014). Integrasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Yogyakarta III. PAI. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, Edition 1. New York: Times Company.

Masnur, Muslich. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Maulana, Achmad, dkk. (2011). Kamus Ilmiah Populer: Lengkap dengan EYD dan Pembentukan Istilah Serta Akronim Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Absolute.

Sugihartono. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syahnaidi, M.A.Q., & Baronth, R.U. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Muhammadiyah. Arabi: Journal of Arabic Studies.

Zuhdi, D. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1 (3).


Article Metrics

Abstract view : 375 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.