Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Mikro Kecil (Studi Kasus Pengrajin Batu Tatakan di Dusun Tampung Cinae Kabupaten Barru)

Riska Nurhidayani(1*), Muhammad Rakib(2), Marhawati Marhawati(3), Muhammad Dinar(4), Mustari Mustari(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/societies.v1i1.19604

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada Usaha Mikro Kecil (Studi Kasus Pengrajin Batu Tatakkan Di Dusun Tampung Cinae Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru) di  Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi terhadap objek penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Usaha mikro kecil Pengrajin Batu tatakan di Dusun Tamping Cinae sesuai dengan analisis SWOT yang berada padakuadran I, yaitu Agresif dengan penerapan strategi ( growth oriented strategy )yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan dengan penerapan melalui Strategi Pemasaran. Sehingga strategi ini dimungkinkan untuk terusmenjalankan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


Krisdayani, M., Ahmad, M. I. S., Marhawati, M., Mustari, M., & Rijal, S. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada Sentra Kerajinan Tangan Anjoroku di Kabupaten Kepulauan Selayar). Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1).

Marhawati, Kurnia, M.Dinar,Mustari, (2020). Strategi Bauran pemasaran Usaha Roti Maros Salenrang di Kabupaten Maros Propinsi Sulawesi Selatan. INTELEKTIVA Jurnal Ekonomi, Social dan Humaniora hal 86-93.

Rakib M. Strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal sebagai penunjang daya tarik wisata. Jurnal Kepariwisataan. 2017;1(2):54-69.Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. gramedia pustaka utama

Rakib M. 2016. Strategies of community empowerment for the economic development in Makassar Indonesia. Man India. 96(11):4553–4563.

Rakib M, Alyas. 2017. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM PENGUATAN EKONOMI KERAKYATAN (Studi Kasus pada Usaha Roti Maros di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora. 19(2):114– 120.doi:10.24198/sosiohumaniora.v19i2.12249.

Sarah, D. A., Said, M. I., Hasan, M., Dinar, M., & Mustari, M. (2020). Analisis Pendapatan dan Tingkat Kesejahteraan Pengusaha Gula Aren di Desa Gattareng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(2).

Suyanti, V., Marhawati, M., & Syam, A. (2020). Analisis Biaya dan Pendapatan Usahatani Jagung di Desa Labae Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 1(1).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, edisi keempat. Edisi IV. Yogyakarta:

An


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.