Program Rumah Cerdas Kesehatan sebagai Upaya Peningkatan Literasi Kesehatan Masyarakat Desa Mallongi-Longi

Nurul Hidayah(1), Said Fachry Assagaf(2*), Adib Roisilmi Abdullah(3), Muhammad Iqbal(4), Herman Herman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i1.61519

Abstract


Literasi kesehatan adalah pemahaman dan penerapan informasi tentang perawatan kesehatan yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan. Definisi ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi kesehatan mengarah pada pemahaman yang lebih baik tentang keputusan sehari-hari yang berkaitan dengan Kesehatan. hasil observasi yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM, terdapat beberapa permasalahan yang diperoleh salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan warga desa Mallongi Longi terkait kesehatan. Terkhusus anak-anak yang berusia 7 hingga 15 tahun. Warga Desa Mallongi Longi masih belum mengetahui dan kurang paham mengenai hal-hal dasar yang berkaitan dengan kesehatan, seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar, cara menggosok gigi dengan benar, dan hal-hal yang berkaitan dengan Kesehatan lainnya. Begitupun masyarakat desa yang berusia 20 tahun keatas pun masih sangat minim pengetahuan mengenai Kesehatan sehingga tim PPK Ormawa HMJ Matematika FMIPA UNM membuat salah satu program, yaitu “Program Rumah Cerdas Kesehatan” yang dimana terdapat 5 program utama yakni festival kesehatan, kelas kesehatan anak, edukasi kesehatan, fun day, dan poster kesehatan. Program ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat terkait dengan perluasan wawasan kesehatan.

 

Kata Kunci: Rumah Cerdas, Literasi, Kesehatan, Masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Fitriani, Y., & Azis, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industi 4.0. 1, 100–104.

Institute of Medecine. (2009). Informing the Future Critical Issues in Health Fifth Edition. In National Academies Press (Vol. 46, Issue 10). https://doi.org/10.17226/12709

Muzni, M. A. (2022). Indonesia Negara Kaya Namun Minim Literasi. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/alimuzni1667/63311ed04addee41ea2f3092/indonesia-negara-kaya-namun-minim-literasi

Kebudayaan, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Hidayah, Said Fachry Assagaf, Adib Roisilmi Abdullah, Muhammad Iqbal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: