Pelatihan Penyusunan Modul Ajar bagi Guru - Guru Sekolah Alam Le-Cendekia Boarding School Gowa-Sulawesi Selatan

Jusniar Jusniar(1), Pince Salempa(2), Army Auliah(3), Halimah Husain(4*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v4i1.61093

Abstract


Modul ajar merupakan seperangkat kelengkapan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Perangkat modul ajar ini harus dikembangnkan oleh guru-guru pada implementasi Kurikulum Merdeka. Dosen UNM sebagai mira kerjasama dengan guru-guru merasa perlu untuk berkontribusi dalam perubahan ini. Wujud tersebut dilakukan dengan melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai darma ketiga bagi dosen, melalui pelatihan penyusunan modul ajar berbasis kurikulum merdeka bagi guru-guru Sekolah Alam Le-Cendekia Boarding School Gowa. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan profesionalisme guru – guru. Kegiatan ini dilaksanakan di Pakkatto Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan dengan peserta pelatihan yaitu guru – guru Sekolah Alam Le Cendekia sebanyak 15 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen pengabdi dari jurusan Kimia FMIPA UNM melalui LP2M. Beberapa hal menjadi pembahasan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu  gambaran umum Kurikulum merdeka dan modul ajar serta model-model pembelajaran., kedua, Penguatan karakter pancasila dan jenis-jenis model pembelajaran, ketiga, pembelajaran berdiferensiasi; keempat, keragaman dan karakteristik peserta didik. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 15 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket yang diberikan oleh tim pengabdi. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Selama pelatihan berlangsung peserta mengikutiya secara antusias terlihat dari keterlibatan peserta secara aktif dalam tahapan diskusi dan berlatih menyusun modul ajar dan lampirannya sesuai dengan materi pelajaran masing-masing.

 Kata Kunci: Modul ajar, Pelatihan, Kurikulum Merdeka


Keywords


Modul ajar, Pelatihan, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st century learning definitions. https://bit.ly/3i9iQDK

Hamzah. 2011. Model PembalajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar. Jakarta: BumiAksara.

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru). Jakarta: Penerbit Referensi.

Muhammad Yaumi. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. jakarta: Penerbit Kencana

Pardjono. 2013. Landasan Filosifis Teoritis Penelitian Tindakan dan Aplikasinya. Bandung. Alfabeta.

Partnership for 21st Century Skills. (2009). P21 Framework Definitions. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED519462.pdf

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali pers.

Retno listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif,Inovatif, dan Kreatif. Jakarta: Penerbit esensi.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jusniar Jusniar, Pince Salempa, Army Auliah, Halimah Husain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: