Praktik Mendemonstrasikan Pengetahuan atau Skill tentang Cara Menentukan Volume Kubus dan Balok

Syahrullah Asyari(1*), Muhammad Darwis M.(2), Ikhbariaty Kautsar Qadry(3), Ahmad Syamsuadi(4), Randy Saputra Mahmud(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(5) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.56101

Abstract


Kegiatan ini didasari oleh adanya keinginan untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan guru di SDN No.111 Inpres Lassang 1 Takalar. Melalui praktik mendemonstrasikan pengetahuan atau skill tentang cara menentukan volume kubus dan balok, penulis mendapatkan informasi tentang perkembangan dunia persekolahan. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan kepada kita bahwa praktik fase kedua dalam model pengajaran langsung perlu dipersiapkan dengan baik (by design), bukan kebetulan (by chance). Hal itu karena fase kedua ini adalah fase inti dari penyajian materi kepada siswa dalam model pengajaran langsung. Dalam praktik ini, guru menampilkan langkah-langkah tertentu dalam menentukan volume kubus dan balok. Langkah-langkah tersebut dimulai dari penentuan panjang sisi-sisi kubus dan balok, serta penggunaannya dalam rumus volume kedua bangun tersebut, hingga langkah terakhir berupa verifikasi hasil kalkulasi volume kubus dan balok untuk memastikan bahwa volume kubus dan balok yang dihitung sudah benar dan memiliki satuan yang sesuai dengan satuan panjang sisi yang digunakan pada kubus dan balok. Pihak sekolah, baik guru dan kepada sekolah, maupun siswa yang dilibatkan dalam proses pembelajaran merespon dengan baik kegiatan ini. Bahkan, ada pengakuan dari siswa bahwa penyajian secara sistematis langkah demi langkah seperti yang ditunjukkan dalam kegiatan ini memberikan banyak manfaat, di antaranya: pemahaman mereka meningkat, mereka termotivasi untuk tahu lebih banyak tentang kubus dan balok, mereka yang bergaya belajar viual dan kinestetik mengaku terbantu belajar lebih baik, skill praktis mereka juga menjadi terbangun, serta mereka yang mengalami kesulitan dalam menentukan volume kubus dan balok menjadi teratasi. Guru-guru pun sejalan dengan respons siswa tersebut.

Full Text:

PDF

References


Aisah, A. (2021). The Effect of Using the Demonstration Method on Students' Skills in Practicing Wudhu. Interdisciplinary Social Studies, 1(1), 10-19. doi:10.55324/iss.v1i1.2

Arends, R. I. (2012). Learning to Teaching (Ninth Edition). New York: McGraw Hill Education.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). New York: McGraw-Hill Education.

Basheer, A., Hugerat, M., Kortam, N., & Hofstein, A. (2017). The Effectiveness of Teachers' Use of Demonstrations for Enhancing Students' Understanding of and Attitudes to Learning the Oxidation-Reduction Concept. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3), 555-570. doi:10.12973/eurasia.2017.00632a

Hussain, M. A. (2020). Effectiveness of Demonstration Method to Teach the Abstract Concepts to the Children between the Age of Six to Ten an Experimental Research. International Journal of Education (IJE), 8(2), 23-32. doi:10.5121/ije.2020.8203

Maun, M. A., & Winnitoy, T. (1978). Demonstration: An Effective Technique in Teaching Biology. Journal of Agronomic Education, 80-84. Retrieved from https://www.agronomy.org/files/ publications/nse/pdfs/jnr009/009-01-0080.pdf

Qadry, I. K., Asyari, S., & Darwis, M. (2023). Praktik Model Pengajaran Langsung pada Materi Kubus dan Balok di Kelas V SDN No.111 Inpres Lassang 1 Takalar. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(1), 77-95. Retrieved from https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/442

Qadry, I. K., Asyari, S., Darwis M., M., Syamsuadi, A., & Mahmud, R. S. (2023). Praktik Menarik Perhatian, Mengklarifikasi Tujuan Pembelajaran, dan Mempersiapkan Siswa untuk Belajar Kubus dan Balok. Jurnal Abdimas Indonesia (JAI), 3(3), 295-302. doi:10.53769/jai.v3i3.532

Rosmaya, A., Garini, F. V., & Ruqoyyah, S. (2018). Application of Demonstration Method to Improve Student Learning Outcomes in Science Learning Energy Sources Material. COLLASE: Journal of Elementary Education, 1(5), 306-314. doi:10.22460/collase.v1i5.2304

Sabat, Y., & Purwanto, H. (2019). Using Demonstration Method to Improve Students’ Speaking Ability. JournE, 3(1), 19-30. Retrieved from http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/USING-DEMONS TRATION-METHOD-TO-IMPROVE-STUDENTS%E2%80%99-SPEAKING-ABILITY.pdf

Simwa, C. A. (2023, August 10). Demonstration Method of Teaching: Definition and Advantages in 2023. Retrieved November 28, 2023, from Legit.ng - Nigeria News: https://www.legit.ng/1142120-definition-advantages-disadvantages-demonstration-method-teaching.html

Thahir, A., Mawarni, A., & Palupi, R. (2019). The Effectiveness of Demonstration Methods Assisting Multiplication Board Tools for Understanding Mathematical Concept in Bandar Lampung. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 353-362. doi:10.17478/jegys.512260

Yusridawati. (2022). Improving Students’ Speaking Ability Through Demonstration Method (A Case Study of Junior High School Students). Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 2(1), 35-47. doi:10.47766/jetlee.v2i1.211

Zulkifli, Kristiawan, M., & Sasongko, R. N. (2022). Improving Students’ Active Learning Through Demonstration Method. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6539-6550. doi:10.35445/alishlah. v14i4.2313


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syahrullah Asyari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: