Pelatihan Pembuatan Handsanitizer dari Daun Kemangi pada Kelompok PKK Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Suriati Eka Putri(1*), Sumiati Side(2), Diana Eka Pratiwi(3), Nita Magfirah Ilyas(4), Munawwarah Munawwarah(5),

(1) Universitas Negeri Makasar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.53887

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 mengubah pola hidup masyarakat di dunia, salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan, seperti  memakai masker dan senantiasa menjaga kebersihan. Dengan demikian, salah satu hal yang wajib dibawa jika ingin berpergian adalah hand sanitizer. Pada kegiatan PKM ini akan diberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan dasar daun kemangi. Mitra kegiatan ini adalah Kelompok PKK yang berlokasi di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Kegiatan PKM ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu, peyuluhan terkait kandungan bahan alam, tahap kedua meliputi peragaan (demonstrasi) pembuatan hand sanitizer berbahan dasar daun kemangi, dan dilanjutkan dengan tahap praktek pembuatan hand sanitizer oleh tim bersama dengan mitra. Setelah mengikuti kegiatan ini, seluruh anggota kelompok PKK Keluarahan Samata mampu mengolah daun kemangi menjadi hand sanitizer alami.


Keywords


Hand sanitizer, daun kemangi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Eka, Suriati, Pince Salempa, and Gusma Harfiana. 2022. “Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Dari Ekstrak Daun Kersen Pada Peserta Didik SMAN 6 Gowa.” 2(2): 0–5.

Holifah et al. 2020. “Efektifitas Antiseptik Gel Hand Sanitizer Ektrak Etanol Pelepah Pisang Kepok (Musa Paradisiaca L.) Terhadap Bakteri Staphylococcus Aureus dan Escherihia Coli.” Jurnal Ilmiah Medicamento 6(2): 123–32.

Larasati, Diah Ayu, and Ety Apriliana. 2016. “Efek Potensial Daun Kemangi (Ocimum Basilicum L.) Sebagai Pemanfaatan Hand Sanitizer.” Jurnal Majority 5(5): 124–29. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:YrD2YlWQUfEJ:juke.kedokteran.unila.ac.id.

Seno Aji, Bayu et al. 2021. “Perilaku Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.” Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat: Pengmaskesmas 1(2): 112–24.

Side, Sumiati et al. 2020. “Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Dari Ekstrak Daun Sirih Pada Siswa SMAN 2 Takalar Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan.”


Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suriati Eka Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: