PKM-PM INOVASI PENGOLAHAN TUAK DAN LITERASI MARKETING BAGI IBU PKK DI DESA LOKA

Sitti Azizah Albaariah(1), Muh. Hendri(2), Dwi Darmayani(3*), Norma Lia(4), Miftahul Jannah(5), Sitti Rahma Yunus(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.53173

Abstract


Desa Loka merupakan salah satu penghasil minuman Tuak di Kabupaten Jeneponto Provensi Sulawesi Selatan. Selama ini Ibu PKK berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, kelompok tersebut hanya sekadar sebuah kelompok yang melakukan pekerjaan rumah. Kelompok ibu PKK memiliki rencana kegiatan berbasis kemasyarakatan dan melakukan rapat koordinasi setiap bulan pada masing-masing Kelurahan atau Desa. Akan tetapi, terdapat banyak program yang tidak dijalankan secara maksimal, antara lain kegiatan pelatihan UKM (Usaha Kecil Menengah) kurang dijalankan. Salah satu Inovasi yang digagas oleh Tim PKM-PM Universitas Negeri Makassar adalah Inovasi Pengolahan Tuak dan Literasi Marketing. Inovasi Pengolahan Tuak adalah pelatihan yang dilakukan kepada Ibu PKK untuk mengolah tuak menjadi cuka, sedangkan literasi marketing adalah pengajaran yang diberikan kepada Ibu PKK bagaimana proses mengenalkan atau pemasaran produk atau jasa agar diketahui oleh Masyarakat agar kelompok dapat dengan mudah memasarkan produk tuak yang sudah diolah menjadi asam cuka. Tujuan dari PKM-PM ini adalah 1) Membuat produk asam cuka dari hasil olahan tuak 2) Meningkatkan pengetahuan kepada Ibu PKK dalam mengolah tuak menjadi asam cuka untuk mengurangi penyalahgunaan tuak dan meningkatkan perekonomian Masyarakat setempat. Kegiatan PKM-PM ini dilakukan bulan juli 2023. Peserta terdiri dari Ibu PKK terdiri dari 20 orang. Kegiatan dilakukan di aula Desa Loka. Implementasi kegiatan ini dilakukan dengan tahapan 1) Sosialisasi atau penyuluhan 2) Pelatihan 3) Pendampingan 4) Monitoring dan Evaluasi 5) Keberlanjutan Program. Proses pendampingan akan terus dilakukan secara langsung diharapkan sehingga mampu mengembangkan inovasi dalam bentuk desain kemasan yang lebih kreatif dan inovatif.


Keywords


Inovasi Pengolahan Tuak, Pemasaran, Ibu Pkk

Full Text:

PDF

References


Gassing, Syarifuddin S. dan Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi Offset.

Kadafi, M. 2019. Persepsi masyarakat terhadap keberadaan penjual minuman keras di kampung bontolabbere kabupaten pangkep. Disertasi. Universitas Negeri Makassar.

Nurismanto, R. 2014. Pembuatan asam cuka pisang kepok (musaparadisiaca l.) Dengan kajian lama fermentasi dan konsentrasi inokulum (acetobacteraceti). J.Perkapangan, 8, 2-4.

Ramly, Z. A., Akbar, M., Ihsan, M. I., dan Bahri, A. 2020. Bioetanol Nira Lontar: Green Energy Alternatif Masa Depan. Bionature, 21(1).

Ramadhani, D. L. 2018. Pembuatan asam cuka dari nira siwalan dengan proses fermentasi. Disertasi. Institut Teknologi Sepuluh November.

Rasnawati, R. 2014. Persepsi Masyarakat Terhadap Penjualan Tuak/Ballo'dan Implikasinya Terhadap Hubungan Sosial Masyarakat Desa Bungeng Kecamatan Batang Kebupaten Jeneponto . Disertasi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yasser, M., Asfar, A.M.I.A., Rianti, M., Asfar, A.M.I.T., & Budianto. E. 2020. Gula Cair dan Recengan Berbahan Dasar Gula Merah Tebu. Jurnal Dedikasi, 22(1): 69-72.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Rahma Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: