Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Inovatif

Sitti saenab(1*), Nurhayani H Mudiddin(2), Sitti Rahma Yunus(3), Riska Amriani(4), Rizki Amaliah Afdal(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.52885

Abstract


Pelatihan pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran inovatif bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dalam mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran inovatif. Mitra dari kegiatan ini adalah IKA Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Metode pelatihan yang digunakan adalah pada tahap 1) pemberian materi dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, tahap 2) dengan menggunakan pendampingan dan tahap 3) dengan memberikan penugasan mandiri.Instrumen berupa lembar obervasi dan angket untuk mengetahui respons peserta pelatihan. Setelah dilaksanakan kegiatan pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan peserta pelatihan yang ditunjukkan dengan penyelesaian produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran inovatif dengan baik. Selain itu peserta pelatihan memberikan respons yang sangat baik terhadap pelaksanaan pelatihan.


Keywords


LKPD, ReCODE, DSI, Model pembelajaran Inovatif

Full Text:

PDF

References


Hia, Y. D., Sumarni, S., & Armiati, A. (2016). Pelatihan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan profesionalisme guru. jurnal pelangi, 243-249.

Khodijah, K., Nyayu, N., & Fatah, F. (2012). Profesionalisme guru dalam penerapan model-model pembelajaran inovatif pada Rintisan Sekolah Profesional of Teacher in Application of Innivative Learning Models at Pioneering. Jurnal Teknodik, 255-264.

Llewellyn, D. (2011). Differentiated Science Inquiry. California: Corwin A Sage Company.

Meyer, M. W. (2020). Changing design education for the 21st century. She Ji: The Journal of Design, Economics and innovation, 13-49.

Saenab, S., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Lestari, S. R. (2020). Recode to re-code: An instructional model to accelerate students’ critical thinking skills. Education Sciences, 11(1), 2.

Yulia, N., Hadi, P.T., & Febrinawati, C. (2015). Pelatihan Pembuatan Metode Pembelajaran Inovatif dengan Memanfaatkan akses internet pada guru. J-ADIMAS, 20-23.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti saenab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: