Pelatihan Penyusunan Buku Suplemen Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Bentuk Penguatan Kokurikuler Pada Kelompok Guru di SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa PKM Pelatihan Penyusunan Buku Suplemen Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Bentuk Penguatan Kokurikuler Pada Kelompok Guru di SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Mutahharah Hasyim(1*), M. A. Martawija(2), Ahmad Yani(3), Muhammad Taqwin(4),

(1) Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.52728

Abstract


Tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini adalah (1) memberi pengetahuan kepada mitra tentang kegiatan kokurikuler; (2) mengidentifikasi bentuk kearifan lokal yang terdapat di lingkungan mitra; dan (3) menghasilkan produk berupa buku suplemen fisika berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah observasi, identifikasi kearifan lokal di lingkungan mitra yaitu SMP Negeri 1 Sungguminasa kabupaten Gowa , dan melakukan evaluasi hasil penerapan berupa produk buku suplemen berbasis kearifan lokal yang mendukung kegiatan kokurikuler. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah (i) pemahaman mitra terkait kegiatan kokurikuler dan (ii) buku  suplemen fisika berbasis kearifan lokal . Simpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah (i) pengetahuan mitra tentang pentingnya kegiatan kokurikuler meningkat (ii) kepuasan mitra dalam dalam penyusunan buku suplemen fisika berada pada kategori sangat puas.

 

 


Keywords


Kata Kunci: kokurikuler, buku suplemen fisika , kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2017. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

LPPM UNM.2023. Panduan Pengabdian pada Masyarakat.UNM. Makassar

Martawijaya, M.A. 2014. Model Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik SMP di Barrang Lompo. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Mikrajuddin. 2002. IPA Fisika 1 untuk SLTP Kelas 1. Jakarta: Erlangga.

Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Pakpahan, S. P. 2010. Upaya Mencari Bentuk Pendidikan Karakter dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah, Medan: Temu Ilmiah Nasional Guru II.

Policy Brief. 2011. Pendidikan Karakter untuk Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Santrock, J. W. 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Schwartz, M. J. 2008. Effective Character Education. New York: McGraw-Hill.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mutahharah Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: