Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Sebagai Manajemen Referensi di SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Vistarani Arini Tiwow(1*), Sulistiawaty Sulistiawaty(2), Nurul Muthmainnah Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.52411

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan aplikasi Mendeley sebagai manajemen referensi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2023 di SMPN 1 Sungguminasa dengan peserta kegiatan berjumlah 23 guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemberian materi pengenalan pentingnya aplikasi Mendeley sebagai manajemen referensi dan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley untuk sitasi dan pengelolaan daftar pustaka karya ilmiah. Selanjutnya, dilakukan evaluasi program melalui dengan mengisi kuesioner kepuasan mitra. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan, mayoritas peserta menyatakan bahwa pelaksanaan PKM mampu memberdayakan mitra sehingga sanggup berkarya secara mandiri. Mayoritas peserta menyatakan bahwa pelaksanaan PKM dalam upaya pembelajaran mitra telah mampu meningkatkan daya nalar mitra. Mayoritas peserta menyatakan bahwa mitra telah memperoleh manfaat/terbantukan dalam penyelesaian masalahnya dari pelaksanaan PKM. Seluruh peserta menyatakan bahwa program PKM dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan telah memberikan bekal kepada mitra berupa kemampuan berpikir ataupun keterampilan lainnya. Dengan demikian, kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley sebagai manajemen referensi di SMPN 1 Sungguminasa berhasil dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pengetahuan mitra tentang pengenalan Mendeley, penjelasan instalasi dan fungsi menu dalam Mendeley, serta latihan instalasi dan penggunaan Mendeley sebagai manajemen referensi meningkat. Peserta juga antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini.


Keywords


Pengabdian Kepada Masyarakat; Aplikasi Mendeley; Manajemen Referensi.

Full Text:

PDF

References


Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., dan Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 2(2), 35-39.

Perdana, F. J. (2020). Pelatihan membuat daftar pustaka otomatis dengan aplikasi Mendeley desktop bagi mahasiswa dalam persiapan penyusunan tugas akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75-93.

Simarmata, J. E., Dewi, N. P. Y. A., Sila, V. U. R., Sele, Y., dan Shidik, M. A. (2021). Training the utilization of desktop Mendeley as a reference tool in writing scientific papers for teachers of SMP Swasta Gita Surya Eban. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 161-167.

Sukarna, Awi, Aswi, dan Nurhilaliyah. (2022). Pelatihan Mendeley: Merangsang motivasi menulis mahasiswa angkatan 2020 Prodi Matematika FMIPA UNM. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 153-162.

Sukarna, Aswi, dan Nurhilaliyah. (2022). Peningkatan kualitas proposal PKM 2022 melalui pelatihan aplikasi Mendeley pada mahasiswa matematika. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23-29.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vistarani Arini Tiwow

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: