Peningkatan Profesionalisme Guru - Guru SMAN 1 Pamboang Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Jusniar Jusniar(1*), Alimin Alimin(2), Munawwarah Munawwarah(3), Ramdani Ramdani(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i2.50872

Abstract


Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi guru. Melalui penulisan karya ilmiah guru dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya terutama dalam aspek keterampilan membaca, pengorganisasian data secara sistematis, hingga kemampuan dalam melakukan presetasi pada forum ilmiah, serta melakukan publikasi ilmiah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan profesionalisme guru – guru. Kegiatan ini dilaksanakan di Majene, Sulawesi Barat dengan peserta pelatihan yaitu guru – guru SMAN 1 Pamboang sebanyak 15 orang. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen pengabdi dari jurusan Kimia FMIPA UNM melalui LP2M. Beberapa hal menjadi pembahasan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu urutan dan sistematisasi dalam elemen – elemen  karya ilmiah, penggunaan bahasa yang akademis, jelas, dan objektif, serta struktur dan aturan penulisan yang bervariasi tergantung pada bidang ilmu dan format yang diikuti. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 15 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket yang diberikan oleh tim pengabdi. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Selama pelatihan berlangsung peserta mengikutiya secara antusias terlihat dari keterlibatan peserta secara aktif dalam tahapan diskusi dan berlatih menyusun sebuah karya ilmiah sesuai dengan materi yang disampaikan.


Keywords


Profesionalisme guru; Pelatihan; Penulisan Karya Ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Dwi, B. (2020). Mengenal-Karya-Ilmiah-Pengantar-Kuliah-Pki. 2.

Safaruddin, S; Nurhastuti, N; Zulmiyetri, Z. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Kencana.

Sumardi, H. (2011). Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Staffnew.Uny.Ac.Id, 1, 11.

Sutiono. (2021). mutu Pendidikan adalah guru . Guru didalam sejarah perkembangan bangsa penting . Dengan demikian tingkat kompetensi profesi seseorang itu tergantung Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan , dengan. 4(20), 16–25.

Taufiqurrahman. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. https://ntb.kemenag.go.id/baca/1615254480/kompetensi-profesionalisme-guru


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jusniar Jusiar, Munawwarah Munawwarah, Alimin Alimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: