Peningkatan Kompotensi Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Guru Sains Melalui Pelatihan PoP (Publish Or Perish)

Firdaus Daud(1), Asham Bin Jamaluddin(2), Andi Citra Pratiwi(3), Arifah Novia Arifin(4*), Yusmina Hala(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v3i1.47069

Abstract


Publikasi artikel ilmiah membantu guru untuk merefleksikan praktik mengajar dan mengembangkan keterampilan penelitian yang menunjang pengembangan pribadi dan profesional guru. Selain itu akan berdampak pada kualitas pengajaran, pemahaman, dan dukungan mereka terhadap pendidikan khususnya pada siswa.  Jumlah guru yang menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah sangat rendah. Permasalahan yang dihadapi oleh guru sains berdasarkan hasil wawancara, yakni mereka kesulitan dalam mencari artikel ilmiah bereputasi dan sesuai dengan kajian yang akan ditulis. Sehingga dalam pelaksanaan program ini memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan mereka dengan memberikan pengetahuan dan pelatihan pemanfaatan aplikasi PoP (Publish or Perish). Pelaksanakan kegiatan ini menggunakan beberapa metode, meliputi pemberian materi dan praktek langsung diantaranya (a) pengenalan Publish or Perish, (b) instal software Publish or Perish sesuai perangkat yang dimiliki oleh peserta. (c) pengenalan Tools, (d) praktek langsung menggunakan aplikasi Publish or Perish, dan (e) tanya jawab serta diskusi. Hasil dari kegiatan ini, guru-guru sains diharapkan memanfaatkan aplikasi PoP (Publish or Perish) untuk menyusun karya tulis ilmiah yang berkualitas dengan literatur yang bereputasi dan sesuai dengan topik kajian yang disusun. Hasil penilaian pelatihan yang dilakukan oleh peserta memperoleh kriteria baik dengan rerata skor 5,05.

Keywords


Pelatihan, kompotensi guru, guru sains, publish or perish

Full Text:

PDF

References


Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.

Dedi Arianto. (2022). Bimbingan Teknis Publish Or Perish Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa . JePKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 42–48. Retrieved from https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/mengabdi/article/view/228.

Herzing (2023). Publish or Perish. https://harzing.com/resources/publish-or-perish

Jocelyn L.N. Wong (2014). How does writing for publication help professional development of teachers? A case study in China, Journal of Education for Teaching, 40:1, 78-93, DOI: 10.1080/02607476.2013.864019.

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020). Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SMP Negeri 8 Palopo, Sulawesi Selatan. Abdimas Siliwangi, 3(2), 329-338.

Pallenari, M., Saparuddin, Daud, F., Arifin, A.N. (2022). Peningkatan Publikasi Ilmiah Bagi Guru Sekolah di Kota Makassar dengan App Smashing (Mendeley dan PoP). Jurnal Abdi Negeriku, 1(2), 1-10.

Rathert, S., & Okan, Z. (2015). Writing for publication as a tool in teacher development. Elt Journal, 69(4), 363-372.

Saerang, H., Lembong, J., Sumual, S., & Tuerah, R. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 74-84. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555.

Teresa Cremin & Lucy Oliver (2017) Teachers as writers: a systematic review, Research Papers in Education, 32:3, 269-295, DOI: 10.1080/02671522.2016.1187664.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arifah Novia Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: