Pemanfaatan Canva For Education untuk meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah

Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(1*), Nurhayati B(2), Hilda Karim(3), Saparuddin Saparuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38526

Abstract


Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah Bahan ajar yang dikembangkan selama ini kurang menarik dan kurang variatif  serta menggunakan media konvensional. Solusi yang diberikan adalah Memberikan pelatihan tentang  tentang pembuatan bahan ajar dengan mengoptimalkan aplikasi desain grafis canva, sehingga guru-guru dapat menghasilkan bahan ajar yang lebih menarik dan beragam yang dapat memberikan impact bagi minat belajar dan minat baca peserta didik. Target yang ingin dicapai adalah Peningkatan kemampuan mitra dalam mengambangkan bahan ajar dengan mengoptimalkan canva sebagai platform yang mendukung. Adapun tahapan pelaksanaan pelatihan ini terdiri dari Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan yang meliputi pemberian materi pengenalan canva, pelatihan dan praktik, penugasan mandiri dan evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan pelatihan adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan memanfaatkan canva dalam membuat bahan ajar. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan Respon peserta menunjukkan skor rata-rata 3,64 (kriteria sangat baik).

 


Keywords


Canva, Bahan Ajar, Pelatihan, Guru

Full Text:

PDF

References


Hijrah,L., Arrayansah, M, F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(1), 98-106. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849.

Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen mandikdasmen

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Marzano, R. J & Heflebower, T. 2012. Teaching & Assesing 21st Century Skills (The Classroom Strategies Series). Bloomington: E_Book from marzanoresearch.com.

Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2). 79-96. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96.

Rahmatullah. Inanna. Ampa, A, T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekomomi Undiksha, 12(2). 317-327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179

Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009 Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung

Suwarni. E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal BIOEDUKASI VOL. 6. NO 2. NOP 2015. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.336.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD . Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai, Nurhayati B, Hilda Karim, Saparuddin Saparuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: