Pemanfaatan Canva For Education untuk meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar Bagi Guru Sekolah Menengah
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38526
Abstract
Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah Bahan ajar yang dikembangkan selama ini kurang menarik dan kurang variatif serta menggunakan media konvensional. Solusi yang diberikan adalah Memberikan pelatihan tentang tentang pembuatan bahan ajar dengan mengoptimalkan aplikasi desain grafis canva, sehingga guru-guru dapat menghasilkan bahan ajar yang lebih menarik dan beragam yang dapat memberikan impact bagi minat belajar dan minat baca peserta didik. Target yang ingin dicapai adalah Peningkatan kemampuan mitra dalam mengambangkan bahan ajar dengan mengoptimalkan canva sebagai platform yang mendukung. Adapun tahapan pelaksanaan pelatihan ini terdiri dari Tahap persiapan, Tahap pelaksanaan yang meliputi pemberian materi pengenalan canva, pelatihan dan praktik, penugasan mandiri dan evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan pelatihan adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan memanfaatkan canva dalam membuat bahan ajar. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan Respon peserta menunjukkan skor rata-rata 3,64 (kriteria sangat baik).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hijrah,L., Arrayansah, M, F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 3(1), 98-106. http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849.
Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen mandikdasmen
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. NUSANTARA, 2(2), 311-326. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828
Marzano, R. J & Heflebower, T. 2012. Teaching & Assesing 21st Century Skills (The Classroom Strategies Series). Bloomington: E_Book from marzanoresearch.com.
Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2). 79-96. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96.
Rahmatullah. Inanna. Ampa, A, T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekomomi Undiksha, 12(2). 317-327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Sanjaya (2006). Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media
Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan & Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009 Di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung
Suwarni. E. 2015. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal BIOEDUKASI VOL. 6. NO 2. NOP 2015. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v6i2.336.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD . Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Article Metrics
Abstract view : 144 times | PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai, Nurhayati B, Hilda Karim, Saparuddin Saparuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: