Pelatihan Mendeley dalam Upaya Merangsang Motivasi Menulis Mahasiswa Angkatan 2020 Prodi Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar

Sukarna Sukarna(1*), Aswi Aswi(2), Nurhilaliyah Nurhilaliyah(3),

(1) [Scopus Id:57200984433; Sinta Id:6194294, Publon Id:3840552], Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38487

Abstract


Pelatihan ini berawal dari diskusi singkat dengan mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Matematika FMIPA UNM secara lepas mengenai kiat mereka menulis, baik menulis untuk keperluan lomba-lomba ataupun proposal skripsi. Diskusi ini berlanjut santai dan mengerucut dengan menawarkan mereka untuk berkolaborasi melaksanakan pelatihan Mendeley. Pelatihan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan atau keluhan mahasiswa mengenai teknik mempermudah menulis sitasi dan daftar pustaka (bibliography) dengan kriteria atau template yang beragam, seperti style Harvard, APA, IEEE, Vancouver, dan IOP SciNotes. Hal lain yang akan dituntaskan adalah memanfaatkan aplikasi Mendeley untuk menyimpan atau mengarsipkan berkas jurnal, buku, ataupun referensi lain untuk mempermudah mencari kembali dan menyusun bibliography-nya. Sehingga, secara detail dapat dituliskan tujuan pelatihan ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan mahasiswa Prodi Matematika Angkatan 2020 dalam menggunakan Mendeley; (2) meningkatkan kesadaran peserta tentang pentingnya Mendeley dalam penulisan sitasi dan bibliography; (3) meningkatkan wawasan, kemampuan, dan keterampilan peserta dalam mengoperasikan Mendelay sebagai aplikasi yang lebih informatif dan inovatif; dan (4) mengurangi jumlah mahasiswa Prodi Matematika yang menuliskan sitasi dan bibliography secara manual. Metode yang digunakan adalah direct interactive cooperative training. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 24 orang. Hasil survey google-form menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat baru dan dibutuhkan bagi peserta. Mereka merasa terbantukan untuk mengenal dan mencoba menggunakan Mendeley untuk selanjutnya sebagai aplikasi yang membantu menulis sitasi dan bibliography.

Keywords


pelatihan, Mendeley, sitasi, direct interactive cooperative training.

Full Text:

PDF

References


Jurmat. 2020. Visi dan Misi Program Studi Matematika. Jurusan Matematika FMIPA UNM. https://math.fmipa.unm.ac.id/prodi-matematika/visi-dan-misi-program-studi-matematika/.

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A.P., Niah, S. & Febtiningsih, P. 2018. Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2): 35–39.

Perdana, F.J. 2020. Pelatihan Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Aplikasi Mendeley Desktop Bagi Mahasiswa dalam Persiapan Penyusunan Tugas Akhir. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1): 75–93.

Simarmata, J.E., Dewi, N.P.Y.A., Sila, V.U.R., Sele, Y. & Shidik, M.A. 2021. Training on the Utilization of Desktop Mendeley as a Reference Tool in Writing Scientific Papers for Teachers of SMP Swasta Gita Surya Eban. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1): 161–167.

Sukarna, S., Aswi, A. & Nurhilaliyah, N. 2022. Peningkatan Kualitas Proposal PKM 2022 melalui Pelatihan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Matematika. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1): 23–29.

Supriyanto, H. 2014. Pengantar & Instalasi Mendeley. UGM Perpustakaan. https://lib.ugm.ac.id/?page_id=333 4 March 2022.

Yuliana, E. 2022. Inilah Jenis Karya Tulis Untuk Kenaikan Pangkat Guru Berdasarkan Golongan. NaikPangkat.com: 1. https://naikpangkat.com/inilah-jenis-karya-tulis-untuk-kenaikan-pangkat-guru-berdasarkan-golongan/.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukarna Sukarna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: