Pengintegrasian Nilai Islam ke dalam Materi Pelajaran Matematika
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38483
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan al-Qur’an serta praktik pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran oleh HMJ Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi.
Agustinah, S. W. & Indriyani, D. (2019). Dampak globalisasi terhadap perilaku siswa di SMK Negeri 1 Cianjur. Integralistik 30(1): 53-61.
Al-Alwani, S. T. J. (2005). The Islamization of knowledge: Yesterday and Today. In Issues in Contemporary Islamic Thought (pp. 26–48). International Institute of Islamic Thought. https://doi.org/10.2307/j.ctvk8w1ww.8
Al Katiri, S., Herlina, H., Wardany, O. F. (2021). Efektivitas metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran IPA materi pemisahan campuran dan larutan pada siswa tunanetra kelas IX di SLB A Bina Insani. SNEED: Jurnal Pendidikan Khusus. 1(2): 49-56.
Alwi. (2019). Dampak globalisasi terhadap pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 Gu. Jurnal Akademik FKIP Unidayan 7(2): 180-189.
Al-Habsy, M. H. (2021). Dekadensi moral era milenial. https://suarakampus.com/dekadensi-moral-era-milenial/
Alfatih, H. H. (2019). Generasi Krisis Moralitas, Bagaimana Solusinya? https://tegas.co/2019/07/27/generasi-krisis-moralitas-bagaimana-solusinya/
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). McGraw-Hill Education.
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill Education.
Arjoni & Handayani, T. (2017). Peran madrasah dalam menangkal dampak negatif globalisasi terhadap perilaku remaja. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 3(1): 1-14.
Asyari, S., Qadry, I., & Umam, M. (2016). Mengintegrasikan Islam ke dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1).
Cahyono. (2017). Pencegahan dampak negatif globalisasi informasi melalui UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Kosmik Hukum, 17(1): 62-70.
Cakra, Sunra, L., Neni. (2021). Efektivitas metode demonstrasi dalam peningkatan pemahaman membaca teks prosedur pada masa COVID-19 di kelas IX SMPN 2 Selemadeg Timur Kab. Tabanan Bali. JP-3: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 3(3): 103-112.
Ginting, S. & Zulmiyetri. (2018). Efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan membuat smoothies bagi anak tunarungu. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. 6(2): 37-42.
Hakim, A. R. & Luthfiah. Efektivitas penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MA Kapetakan. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik. 2(2): 49-53.
Hermawan S., D. (2019). Dampak globalisasi terhadap moralitas remaja (studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai: Pancasila & Kewarganegaraan 8(1): 1-7.
Husaini, A. (Ed.). (2013). Filsafat ilmu: Perspektif Barat dan Islam. Gema Insani Press.
James. (2015). Solusi pencegahan permasalahan moralitas dalam masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3(2): 197-200.
Listiana, Y. R. (2021). Dampak globalisasi terhadap karakter peserta didik dan kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 1544-1550.
Loyensya, E. A. (2019). Degradasi moral akademik milenial, salah siapa?. https://www.its.ac.id/news/2019/12/19/degradasi-moral-akademik-generasi-milenial-salah-siapa/
Mahmudin. (2018). Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih shalat di madrasah ibtidayah. Al-Madrasah. 2(2):105-124.
Morrison, G. R., Ross, S. M., Kalman, H. K., & Kemp, J. E. (2013). Designing Effective Instruction Seventh Edition. John Wiley & Sons, Inc.
Mulyaningsih, S. (2020). Bangun generasi milenial jadi bermoral. http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/09/14/bangun-generasi-milenial-jadi-bermoral/
Murdaningsih, D. (2016). Lima faktor penyebab degradasi moral bangsa. (online) https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/ 16/07/22/oapg0j368-lima-faktor-penyebab-degradasi-moral-bangsa
Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 51-75.
Nurhaidah & Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3): 1-14.
Optapia, R. L., Siska, J., Rachayu, I. (2022). Efektivitas metode pembelajaran demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital. Computer and Informatics Education Review – CIER. 3(1): 6-11.
Patimah, S. (2020). Solusi al-Qur’an dalam mengatasi degradasi moral remaja di era digital: studi analisis nilai-nilai akhlak dalam kisah-kisah al-Qur’an. Tesis. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pascasarjana Magister (S2) Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ), Jakarta.
Pratama, N. Y. P. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk moral bangsa yang terkikis akibat benturan globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 962-968.
Purwandira, A., Niswaty, R., & Darwis, M. (2018). Efektivitas penggunaan metode pembelajaran demonstrasi di SMK Negeri 4 Pangkep. Jurnal Office: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. 4(1): 19-24.
Rahman, F. (2011). Islamization of knowledge: A Response. Islamic Studies, 50(3/4), 449–457. http://www.jstor.org/stable/41932607
Rohana, S. (2019). Efektivitas metode demontrasi dalam pembelajaran fiqih. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 11(1): 1-12.
Saodah, Q. A., Rizkyah, K, Nuralviah, S. & Urfany, N. (2020). Pengaruh globalisasi terhadap siswa sekolah dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah 2(3): 375-385.
Saragih, S. (2019). Efektivitas metode demonstrasi dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2): 289-294.
Shofiyah. (2020). Dampak media sosial dan pornografi terhadap perilaku seks bebas anak di bawah umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4(1): 57-68.
Shulman, L. S. (1986). Those who understand: knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2): 4-14.
Susilawati N. (2020). Pancasila sebagai solusi problem bangsa. Jurnal ilmiah universitas batanghari Jambi, 20(2): 626-629.
Syafrial. (2017). Tips mengatasi kerusakan moral, khususnya para remaja Islam. https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/23937/tips-mengatasi-kerusakan-moral%C2%A0khususnya-para-remaja-islam.html.
Walbridge, J. (2000). Logic in the Islamic intellectual tradition: The recent centuries. Islamic Studies, 39(1), 55–75. http://www.jstor.org/stable/ 23076091
Wijaya, A. (2021). Efektivitas penerapan metode demonstrasi pada materi koloid dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA MA DDI Entrop Kota Jayapura. Jurnal Honei. 3(2): 56-67.
William, A. (2021). Bagaimana dampak budaya asing dalam era globalisasi di Indonesia?. https://tirto.id/bagaimana-dampak-budaya-asing-dalam-era-globalisasi-di-indonesia-gdhZ
Article Metrics
Abstract view : 205 times | PDF view : 49 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Syahrullah Asyari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: