Pengintegrasian Nilai Islam ke dalam Materi Pelajaran Matematika

Syahrullah Asyari(1*), Ja'faruddin Ja'faruddin(2), Syamsuddin Mas'ud(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38483

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Mitra kegiatan ini adalah sebanyak 14 orang anggota MGMP Matematika SMA di Kabupaten Pangkep. Tujuan kegiatan ini adalah menyelesaikan masalah mitra tentang cara mengintegrasikan nilai Islam ke dalam materi pelajaran matematika. Untuk itu, dalam pelaksanaan kegiatan ini, langkah-langkah dalam memberikan solusi masalah mitra mengadaptasi model pembelajaran langsung, di mana salah satu sintaksnya adalah mendemonstrasikan pengetahuan tentang model-model integrasi nilai Islam ke dalam materi pelajaran matematika secara benar, serta menyajikan proses integrasi nilai Islam dalam materi pelajaran matematika langkah demi langkah (step-by-step) secara benar. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa secara umum peserta puas terhadap semua elemen dalam pelaksanaan kegiatan, baik dipandang dari elemen materi yang disampaikan oleh kedua pemateri, maupun dari elemen kemampuan pemateri menyampaikan materinya. Namun demikian, ada kekurangpuasan oleh sebagian kecil peserta terhadap elemen sarana dan penyelenggaraan kegiatan ini, terutama mengenai durasi waktu pelaksanaan kegiatan yang relatif singkat.

Full Text:

PDF

References


Abdussakir & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan al-Qur’an serta praktik pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam Al-Quran oleh HMJ Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi.

Agustinah, S. W. & Indriyani, D. (2019). Dampak globalisasi terhadap perilaku siswa di SMK Negeri 1 Cianjur. Integralistik 30(1): 53-61.

Al-Alwani, S. T. J. (2005). The Islamization of knowledge: Yesterday and Today. In Issues in Contemporary Islamic Thought (pp. 26–48). International Institute of Islamic Thought. https://doi.org/10.2307/j.ctvk8w1ww.8

Al Katiri, S., Herlina, H., Wardany, O. F. (2021). Efektivitas metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran IPA materi pemisahan campuran dan larutan pada siswa tunanetra kelas IX di SLB A Bina Insani. SNEED: Jurnal Pendidikan Khusus. 1(2): 49-56.

Alwi. (2019). Dampak globalisasi terhadap pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 Gu. Jurnal Akademik FKIP Unidayan 7(2): 180-189.

Al-Habsy, M. H. (2021). Dekadensi moral era milenial. https://suarakampus.com/dekadensi-moral-era-milenial/

Alfatih, H. H. (2019). Generasi Krisis Moralitas, Bagaimana Solusinya? https://tegas.co/2019/07/27/generasi-krisis-moralitas-bagaimana-solusinya/

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). McGraw-Hill Education.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill Education.

Arjoni & Handayani, T. (2017). Peran madrasah dalam menangkal dampak negatif globalisasi terhadap perilaku remaja. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 3(1): 1-14.

Asyari, S., Qadry, I., & Umam, M. (2016). Mengintegrasikan Islam ke dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 4(1).

Cahyono. (2017). Pencegahan dampak negatif globalisasi informasi melalui UU Informasi dan Transaksi Elektronik. Jurnal Kosmik Hukum, 17(1): 62-70.

Cakra, Sunra, L., Neni. (2021). Efektivitas metode demonstrasi dalam peningkatan pemahaman membaca teks prosedur pada masa COVID-19 di kelas IX SMPN 2 Selemadeg Timur Kab. Tabanan Bali. JP-3: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 3(3): 103-112.

Ginting, S. & Zulmiyetri. (2018). Efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan membuat smoothies bagi anak tunarungu. Juppekhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus. 6(2): 37-42.

Hakim, A. R. & Luthfiah. Efektivitas penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih di MA Kapetakan. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik. 2(2): 49-53.

Hermawan S., D. (2019). Dampak globalisasi terhadap moralitas remaja (studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai: Pancasila & Kewarganegaraan 8(1): 1-7.

Husaini, A. (Ed.). (2013). Filsafat ilmu: Perspektif Barat dan Islam. Gema Insani Press.

James. (2015). Solusi pencegahan permasalahan moralitas dalam masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3(2): 197-200.

Listiana, Y. R. (2021). Dampak globalisasi terhadap karakter peserta didik dan kualitas pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 1544-1550.

Loyensya, E. A. (2019). Degradasi moral akademik milenial, salah siapa?. https://www.its.ac.id/news/2019/12/19/degradasi-moral-akademik-generasi-milenial-salah-siapa/

Mahmudin. (2018). Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran fikih shalat di madrasah ibtidayah. Al-Madrasah. 2(2):105-124.

Morrison, G. R., Ross, S. M., Kalman, H. K., & Kemp, J. E. (2013). Designing Effective Instruction Seventh Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Mulyaningsih, S. (2020). Bangun generasi milenial jadi bermoral. http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/09/14/bangun-generasi-milenial-jadi-bermoral/

Murdaningsih, D. (2016). Lima faktor penyebab degradasi moral bangsa. (online) https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/ 16/07/22/oapg0j368-lima-faktor-penyebab-degradasi-moral-bangsa

Mutijah. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2): 51-75.

Nurhaidah & Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3): 1-14.

Optapia, R. L., Siska, J., Rachayu, I. (2022). Efektivitas metode pembelajaran demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital. Computer and Informatics Education Review – CIER. 3(1): 6-11.

Patimah, S. (2020). Solusi al-Qur’an dalam mengatasi degradasi moral remaja di era digital: studi analisis nilai-nilai akhlak dalam kisah-kisah al-Qur’an. Tesis. Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pascasarjana Magister (S2) Institut Ilmu al-Qur’an (IIQ), Jakarta.

Pratama, N. Y. P. & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk moral bangsa yang terkikis akibat benturan globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1): 962-968.

Purwandira, A., Niswaty, R., & Darwis, M. (2018). Efektivitas penggunaan metode pembelajaran demonstrasi di SMK Negeri 4 Pangkep. Jurnal Office: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran. 4(1): 19-24.

Rahman, F. (2011). Islamization of knowledge: A Response. Islamic Studies, 50(3/4), 449–457. http://www.jstor.org/stable/41932607

Rohana, S. (2019). Efektivitas metode demontrasi dalam pembelajaran fiqih. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 11(1): 1-12.

Saodah, Q. A., Rizkyah, K, Nuralviah, S. & Urfany, N. (2020). Pengaruh globalisasi terhadap siswa sekolah dasar. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah 2(3): 375-385.

Saragih, S. (2019). Efektivitas metode demonstrasi dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 1 Pematangsiantar. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2): 289-294.

Shofiyah. (2020). Dampak media sosial dan pornografi terhadap perilaku seks bebas anak di bawah umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4(1): 57-68.

Shulman, L. S. (1986). Those who understand: knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15(2): 4-14.

Susilawati N. (2020). Pancasila sebagai solusi problem bangsa. Jurnal ilmiah universitas batanghari Jambi, 20(2): 626-629.

Syafrial. (2017). Tips mengatasi kerusakan moral, khususnya para remaja Islam. https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/23937/tips-mengatasi-kerusakan-moral%C2%A0khususnya-para-remaja-islam.html.

Walbridge, J. (2000). Logic in the Islamic intellectual tradition: The recent centuries. Islamic Studies, 39(1), 55–75. http://www.jstor.org/stable/ 23076091

Wijaya, A. (2021). Efektivitas penerapan metode demonstrasi pada materi koloid dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPA MA DDI Entrop Kota Jayapura. Jurnal Honei. 3(2): 56-67.

William, A. (2021). Bagaimana dampak budaya asing dalam era globalisasi di Indonesia?. https://tirto.id/bagaimana-dampak-budaya-asing-dalam-era-globalisasi-di-indonesia-gdhZ


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syahrullah Asyari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: