Program Rumah Cerdas sebagai Upaya Peningkatan Literasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Mallongi-longi

Nursakilah Hasan(1), Said Fachry Assagaf(2*), Sapriadi Sapriadi(3), Martang Martang(4), Nursyahidah Tamrin(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.38482

Abstract


Literasi merupakan kemampuan seseorang menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Namun, literasi tidak hanya kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca dan menulis tetapi literasi bisa berarti melek teknologi, politik, berpikir kritis, menghitung dan peka terhadap lingkungan sekitar. Pengabdian ini adalah kegiatan yang mengembangkan program rumah cerdas sebagai upaya dalam meningkatkan literasi dan pemberdayaan masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk mengadakan 5 pojok rumah cerdas dan memperluas wawasan keterampilan, pengetahuan, dan sikap masyarakat desa Mallongi-longi. Pengabdian ini dilaksanakan di desa Mallongi-longi yang melibatkan masyarakat umum mulai dari anak-anak sampai masyarakat lanjut usia. Desa Mallongi-Longi merupakan desa yang terdiri atas 3 dusun yang terletak di kabupaten Pinrang, provinsi Sulawesi selatan. Desa ini memiliki banyak potensi sumber daya, namun potensi tersebut belum dioptimalkan, sehingga menyebabkan tingkat kualitas pendidikan dan keterampilan masyarakat yang masih perlu ditingkatkan, minimnya minat dan kesadaran literasi serta kurangnya fasilitas dalam mengakses informasi. Metode yang digunakan adalah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya 5 pojok rumah cerdas yaitu rumah cerdas digital, rumah cerdas membaca dan menulis, rumah cerdas finansial dan numerasi, rumah cerdas kesehatan, serta rumah cerdas agama, budaya, dan kewarganegaraan. Selain itu, hasil lain dari kegiatan ini adalah bertambahnya wawasan keterampilan, pengetahuan dan sikap masyarakat desa sasaran.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, N., Assagaf, S. F., Alimuddin, A., & Darwis, M. Pelatihan Pembelajaran Matematika Di Era New Normal Bagi Guru Di Kabupaten Bantaeng. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 50-55.

Dikbud, J. M (Juni 2020). Gerakan literasi masyarakat dalam perkembangannya. Dikutip dari https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/gerakan-literasi-masyarakat-dalam-perkembangannya. Hlm 7.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference 1 (1).

Kebudayaan, K. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenko, P. M. K. (19 November 2021). Tingkat literasi Indonesia memprihatinkan, kemenko pmk siapkan peta jalan pembudayaan literasi nasional. Dikutip dari https://www.kemenkopmk.go.id/tingkat-literasi-indonesia-memprihatinkan-kemenko-pmk-siapkan-peta-jalan-pembudayaan-literasi.

Kholipah, S. (18 September 2021). Upaya Pemerintah dalam Meningkatkan Literasi di Indonesia. Dikutip dari https://www.kompasiana.com/siti01511/61455f5106310e0624505192/upaya-pemerintah-meningkatkan-literasi-di-indonesia.

Kompas. Rabu, 1 Juni 2016. “Budayakan Literasi”. Pendidikan dan Kebudayaaan. Hlm. 12.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23-33.

Restiawati, D., Putri, A. I. S., Yuniar, C. D., & Mutmainah, S. (2021). Membangun Karakter dan Memberikan Pemahaman Mengenai Pentingnya Literasi Pada Anak Usia Dini. Prosiding Dedikasi: Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(1), 50-55.

Prianto, J.S. (2020). Buday abaca untuk kemajuan suatu bangsa. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 1-20

Sofiah, D., Stiyaningsih, E., & Sundawan, R. (2019). Peran Literasi dalam meningkatkan minat membaca di Sombogunung Dukun Gresik. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. 3(1), 68-70


Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursakilah Hasan, Said Fachry Assagaf, Sapriadi Sapriadi, Martang Martang, Nursyahidah Tamrin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: