PKM STEAM Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru di Kabupaten Pangkep

Asdar Asdar(1), Muhammad Abdy(2), Sahlan Sidjara(3*),

(1) Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(2) Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(3) [Scopus id: 57189711120] Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.37372

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan, Mitra dalam kegiatan PKM ini merupakan guru-guru pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di Kabupaten Pangkep. Tujuan kegiatan ini adalah untuk: a) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam membuat rancangan pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Meningkatkan pengetahuan mitra dalam merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal. Masalah yang dialami mitra diantaranya a) Rendahnya pengetahuan dan keterampilan Mitra tentang pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Mitra tidak mengetahui merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi antara pelaksana dengan mitra selain itu diadakan workshop pembuatan desain pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode ini dilaksanakan kepada kelompok mitra yang berjumlah 38 orang dan selanjutnya evaluasi dan monitoring dilakukan secara berkala selama 3 bulan  Luaran yang diperoleh adalah: 1) Keterampilan dan perubahan wawasan mitra dalam pembelajaran STEAM kearifan lokal; 2) Mitra mampu merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek.


Keywords


STEAM, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


.Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Teknolohi dan Pendidikan Tingi. (2018). Pedoman ONMIPA PT.

.https://www.coursehero.com/file/p7gs5ll/asosiasi-berpikir-secara-induktif-maupun-deduktif-Prinsip-keterlibatan-langsung/

.https://www.coursehero.com/file/75011591/RANGKKUNGAN-PEDAGOGIK-3docx/

.https://www.coursehero.com/file/p4pknlnq/Unit-STEAM-memberikan-pengalaman-mendalam-bagi-peserta-didik-yang-memungkinkan/

. Na'ili Saida, Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring, Jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian vol.7 no 2. (2021).


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sahlan Sidjara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: