PKM STEAM Kearifan Lokal Bagi Guru-Guru di Kabupaten Pangkep
(1) Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(2) Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(3) [Scopus id: 57189711120] Departement of Mathematics, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i2.37372
Abstract
Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilaksanakan kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan, Mitra dalam kegiatan PKM ini merupakan guru-guru pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di Kabupaten Pangkep. Tujuan kegiatan ini adalah untuk: a) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam membuat rancangan pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Meningkatkan pengetahuan mitra dalam merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal. Masalah yang dialami mitra diantaranya a) Rendahnya pengetahuan dan keterampilan Mitra tentang pembelajaran STEAM kearifan lokal; b) Mitra tidak mengetahui merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan diskusi antara pelaksana dengan mitra selain itu diadakan workshop pembuatan desain pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek. Metode ini dilaksanakan kepada kelompok mitra yang berjumlah 38 orang dan selanjutnya evaluasi dan monitoring dilakukan secara berkala selama 3 bulan Luaran yang diperoleh adalah: 1) Keterampilan dan perubahan wawasan mitra dalam pembelajaran STEAM kearifan lokal; 2) Mitra mampu merancang pembelajaran STEAM kearifan lokal berbasis projek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
.Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset Teknolohi dan Pendidikan Tingi. (2018). Pedoman ONMIPA PT.
.https://www.coursehero.com/file/p7gs5ll/asosiasi-berpikir-secara-induktif-maupun-deduktif-Prinsip-keterlibatan-langsung/
.https://www.coursehero.com/file/75011591/RANGKKUNGAN-PEDAGOGIK-3docx/
.https://www.coursehero.com/file/p4pknlnq/Unit-STEAM-memberikan-pengalaman-mendalam-bagi-peserta-didik-yang-memungkinkan/
. Na'ili Saida, Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring, Jurnal kajian pendidikan dan hasil penelitian vol.7 no 2. (2021).
Article Metrics
Abstract view : 99 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sahlan Sidjara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by: