Penerapan Bahan Ajar Angka dan Huruf Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Maros

Rusdianto Rusdianto(1), Andi Annisa Sulolipu(2), Andi Taskirah(3), Syamsinar Syamsinar(4*), Agusalim Juhari(5),

(1) Universitas Patompo Makassar
(2) Universitas Patompo Makassar
(3) Universitas Patompo Makassar
(4) Universitas Patompo Makassar
(5) Universitas Patompo Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.36817

Abstract


Permasalahan yang terjadi di kalangan guru-guru Sekolah Dasar khususnya di kabupaten Maros adalah penggunaan angka dan huruf tingkat dasar yang masih kurang. Hal ini mengakibatkan bahan ajar yang dikembangkan oleh guruguru tersebut bisa dikatakan tidak layak untuk digunakan. Oleh karena itu, solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah; 1) memberikan motivasi kepada siswa agar tertarik untuk belajar materi dasar yakni angka dan huruf, 2) meningkatkan pengetahuan guru dalam menentukan jenis bahan ajar yang cocok untuk diterapkan, 3) memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan keterampilan yang dapat membuat anak tertarik dengan materi yang disajikan. Kegiatan pengabdian di laksanakan di SMPN 10 Bantimurung, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros dengan melibatkan guru-guru SMP yang berada di sekitar sekolah tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) menunjukkan semangat para guru untuk menanggapi materi penerapan bahan ajar untuk pengenalan huruf dan angka tingkat dasar, hal ini di tandai dengan adanya guru yang mengajukan pertanyaan, saran dan kritik, 2) Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang konsep pengenalan angka dan huruf bagi guru-guru SMP, 3) Adanya respon positif dari para peserta yang ditandai dengan pengerjaan tugas mandiri.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Angka, Huruf, Guru-Guru SD.

 


Full Text:

PDF

References


Ahdar. (2018). Pengembangan media pembelajaran powerpoint padu musik terhadap antusiasme siswa dalam pembelajaran ilmu sosial. J. Din. Penelit. Media Komun. Sos. Keagamaan. Data Referensi Kemendikbud Kab. Maros 2020. https://referensi.data.kemedikbud.go.id/index11.php kode=190111&level=3.

Inra. (2013). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media edugames bagi anak tunagrahita ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & S. Sugiharti. (2017). Pelatihan pembuatan media grafis dan media papan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Abdimas Pedagog.

S. Sidik, & M. F. Syahroni. (2019). Impelementasi model waterfall pada media pembelajaran pengenalan angka dan huruf berbasis android. J. Tek. Komput. doi:10.31294/jtk.v5i2.5215.

Sovia, Rini. (2011). Pembuatan aplikasi pembelajaran berhitung bagi anak playgroup menggunakan metode menghitung gambar dengan menerapkan bahasa pemrograman mecromedia flash 8. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 4(1). http://jurnaltip.net/?modul=jurnal&id7


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syamsinar .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: