Penguatan Lesson Study dalam mendukung Digitalisasi Learning bagi sekolah Penggerak di SMA Negeri 9 Makassar

Saparuddin Saparuddin(1), Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.33764

Abstract


Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat terkait digitalisasi learning melalui penguatan lesson study bagi sekolah penggerak. Mitra dalam kegiatan ini adalah SMK Negeri 9 Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pedagogik dan keterampilan pembelajaran berbasis digital bagi guru-guru pada sekolah mitra. Lesson study dinilai menjadi salah satu upaya yang dapat silakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru-guru melalui kegiatan bersifat kolaboratif dan kerjasama. Metode kegiatan meliputi workshop Lesson study dan Implementasi Lesson study yang terdiri atas tahapan Plan, Do, See dan Redesign. Output dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan pedagogik dan keterampilan dalam digitalisasi pembelajaran yang ditandai dengan dihasilkannya beberapa produk seperti perangkat pembelajaran, e-modul dan video pembelajaran dan lain-lain. Hasil evaluasi program menunjukkan keterlaksanaan program secara maksimal dan respon positif dari guru mitra.

Keywords


Lesson Study, Workshop, Pedagogik

Full Text:

PDF

References


Rini, A. P. (2021). Lesson Study For Learning Community (LSLC). Ta'lim: Jurnal Ilmu Agama Islam Vol 3(1), 25-38

Wahyuni (2020). Efektivitas Implementasi Lesson Study Learning Community dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Equity in Education Journal, 2(1), 11-18.

Handayani, R. D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2007). Penerapan lesson study untuk meningkatan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27–31.

Susiolo, Herawati, dkk. 2009. Lesson Study Berbasis Sekolah: Guru Konservatif menjadi Inovatif. Bayumedia Publishing. Malang.

Hendayana, Sumar, et al. 2009. Lesson Study Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Rizqi Press


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Saparuddin Saparuddin, Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: