PKM Workshop Pengembangan Soal Uji Komprehensif

Ruslan Ruslan(1*), Muhammad Husnul Khuluq(2), Iwan Setiawan HR(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.33436

Abstract


Tes Komprehensif adalah pemberian pertanyaan untuk mengukur suatu aspek perilaku atau memperoleh informasi tentang sifat-sifat orang yang diuji (secara individual). Tujuannya adalah untuk menghasilkan beberapa paket soal komprehensif/uji kompetensi sesuai program studi, banyak variasi soal (bank soal), sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri, dan juga untuk memberikan ujian sebelum ujian komprehensif lisan (proposal) untuk ketentuan tes komprehensif tertulis. Salah satu kampus percetakan guru adalah kampus UINAM. Sehingga dalam kegiatan pengabdian ini perlu dikembangkan soal-soal Tes Komprehensif di Fakultas Tarbiyah UINAM agar menghasilkan soal-soal yang berkualitas dan terstandardisasi, sehingga nantinya output calon guru dari pihak kampus dapat berkompeten dan berkualitas. Metode yang digunakan adalah pemberian materi tentang teori dan praktek Sebanyak 25 orang mengikuti kegiatan yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing Prodi di Fakultas Tarbiyah UINAM. Setiap tim atau kelompok program studi atau bidang rata-rata terdiri dari 2 orang perwakilan. Bidang yang dimaksud adalah bidang PAUD, bidang pendidikan guru madrasah Ibtidaiyah, bidang pendidikan bahasa Arab, bidang pendidikan bahasa Inggris, bidang manajemen pendidikan Islam, bidang pendidikan fisika, bidang matematika. bidang pendidikan, bidang pendidikan biologi, bidang pendidikan Islam, bidang sejarah budaya Islam, bidang aqidah akhlak, bidang hadits, bidang Al-Qur'an, dan bidang Fiqih. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menghasilkan soal-soal ujian komprehensif yang berkualitas, valid dan reliabel serta arsip (dokumen) untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAM yang dapat digunakan untuk pemetaan bekal awal calon guru atau pendidik. Untuk mendeskripsikan hasil tes komprehensif di 9 Program Studi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Dan juga dapat dijadikan sebagai gambaran hasil komprehensif mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINAM.

Keywords


Uji Komprehensif; Pengembangan; Validitas Isi.

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. N. (2006). Statistika penerapan model rerata-sel multivariat dan model ekonometri dengan SPSS. Yayasan Sad Satria Bhakti.

Agung, I. G. N., (2016). Tantangan, Keberhasilan dan Kebanggaan Statistikawan, Pidato Purnabakti, disampaikan pada Orasi ilmiah Jurusan Matematika UNM Makassar 16 Maret 2016

Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory. Holt, Rinehart and Winston, 6277 Sea Harbor Drive, Orlando, FL 32887.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Draf Naskah Akademik Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Eliterius Sennen, (2017), Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru, Prosiding Seminar Nasional, HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017, ISBN : 978-602-51434-0-3.

Gregory, R. J. (2014). Psychological testing: History, principles, and applications. Ed.7th Allyn & Bacon.

Junaidi, Aris (2020), Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ruslan, (2009). Validitas Isi. Bulletin : Pa'biritta Bulletin LPMP, 10 (IV), 18-19.

Santosa, M. G. W., Kusumaningsih, W., & Endahwuri, D. (2019). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika dalam Kesiapan Mengajar. Jurnal Matematika dan Matematika. Vol. 1 No. 5 Hal. 186.

Supranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yilmaz, Rezan. (2020). Prospective Mathematics Teachers' Cognitive Competencies on Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 11(1), 17-44.


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ruslan Ruslan, Muhammad Husnul Khuluq, Iwan Setiawan HR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: