Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas

Ilham Minggi(1), Muhammad Darwis M(2), Syahrullah Asyari(3*), Ikhbariaty Kautsar Qadry(4),

(1) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(2) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(3) Jurusan Matematika FMIPA UNM
(4) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.33148

Abstract


Artikel ini bermaksud mengemukakan solusi atas masalah guru SD di Kec. Tinggi Moncong, Kab. Gowa terkait desain pembelajaran dan penelitian tindakan kelas (PTK). Realisasi metode yang ditawarkan atas masalah tersebut adalah pelatihan dengan mengadaptasi direct instruction model oleh Richard I. Arends. Aktivitas inti dalam pelatihan ini adalah penyajian konsep desain pembelajaran dan PTK, PTK sebagai basis desain pembelajaran, dan implementasi desain pembelajaran berbasis PTK, serta mendampingi peserta secara intensif untuk melakukan praktik desain pembelajaran berbasis PTK dan membuka ruang diskusi bagi peserta yang mengalami kesulitan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konseptual guru tentang desain pembelajaran berbasis PTK, serta meningkatkan kemampuan praksis guru dalam desain pembelajaran berbasis PTK. Oleh karena itu, direkomendasikan perlunya kegiatan serupa dengan cakupan peserta yang lebih luas yang berasal dari komponen guru-guru yang berasal dari Kabupaten/Kota lainnya. Dengan demikian, peserta akan mengalami recharging solusi alternatif terhadap masalah pembelajaran yang mereka hadapi di kelas.

Keywords


Desain, Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). McGraw-Hill Education.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill Education.

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to Research in

Education (10th Edition). Cengage Learning.

Culatta, R. (2022, 16 March). ADDIE Model. https://www.instructionaldesign.org/models/addie/

Komalasari, K., Rahmat, R., Masyitoh, I. S., & Iswandi, D. (2021). Pelatihan Desain

Pembelajaran Digital Berbasis Living Values Education bagi Guru PPKn SMP di

Kabupaten Garut. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2): 232-

https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.208

Kristanto, Y. D. (2021). Pelatihan Desain Aktivitas Pembelajaran Matematika Digital Dengan

Menggunakan Desmos. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3): 192-199.

https://doi.org/10.24114/jpkm.v%25vi%25i.23908

Martin, F. (2011). Instructional Design and the Importance of Instructional Alignment,

Community College Journal of Research and Practice, 35: 955–972.

https://doi.org/10.1080/10668920802466483

McNiff, J. & Whitehead, J. (2002). Action Research: Principles and Practice 2nd Edition.

Routledge.

The Alberta Teachers’ Association. (2000). Action Research Guide for Alberta Teachers. The

Alberta Teachers’ Association.

Winangun, I M. A. & Dewi, N. P. C. P. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Inovatif Dimasa

Pandemi Covid-19. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1): 1-8


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syahrullah Asyari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: