Tradisi Sayyang Pattu’du dalam Melestarikan Budaya Leluhur Mandar di Dusun Kanusuang

sahribulan muis(1*), Anisa Rusli(2), Devi Eri Susanti(3), Muh. Ikhlas Abadi(4), M. Fajar Yulianto(5), Ruslan Ruslan(6), andi Kaiyum(7),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(7) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.33128

Abstract


Sayyang Pattu’du/kuda menari yang berkembang di Kerajaan Balanipa merupakan budaya yang lahir dari leluhur Mandar. Awal perkembangannya bagi masyarakat Mandar, budaya Sayyang Pattu’du dan khatam Al-Qur’an memiliki pertalian yang sangat erat antara yang satu sama lain. Sayyang Pattu’du digelar untuk mengapresiasi anak yang mengkhatamkan bacaan al-Qur’an. Informasi kepala dusun Kanusuang diperoleh bahwa masih kurangnya minat anak-anak dalam menghatamkankan Al-Qur’an dan sehingga akan berkaitan dengan nilai budaya mandar yang semakin hari semakin berkurang. Tujuan pengabdian ini dilaksanakan sebagai pendekatan kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk meningkatkan kembali minat baca dan menghatamkan Al-Qur’an dengan menunjukkan kesemarakan perayaan khatam Al-Qur’an dengan Sayyang Pattu’du. Metode pelakasanaan kegiatan ini para peserta menaiki kuda kemudian kuda diarak untuk keliling desa. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan bahwa apresiasi masyarakat pada kegiatan Sayyang Pattu’du ini disambut dengan penuh suka ria sehingga kegiatan ini dapat menumbuhkan kembali minat masyarakat dalam perayaan khatam Al-Qur’an dengan Sayyang Pattu’du untuk melestarikan budaya Mandar.


Keywords


Maulid, Sayyang Pattu’du’, Mandar

Full Text:

PDF

References


Mukarramah, & Torro, S. (2019). Dampak Sayyang Pattu’du terhadap Motivasi Anak Menamatkan Al-Qur’an di Desa Lombong Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Jurnal Sosialisasi, 6(3), 1-6.

Nurlina. (2016). Budaya Sayyang Pattu’du di Desa Pambusuang Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar Prov. Sulawesi Barat (Tinjaun Aqidah). Makassar: Repository UIN Alauddin Makassar.

Rusmawati. (2018). Makna Simbol dalam Acara Messawe Sayyang Pattu'du pada KhatamAl-Qur’aN di Su


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sahribulan muis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: