Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri

Sitti Rahma Yunus(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Arie Arma Arsyad(3), Sitti Saenab(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM,
(4) Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM,
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.32928

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh guru di yaysaan yatama mandiri adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan IT dalam pembelajaran, khususnya pada pembuatan media pembelajaran. Oleh karena itu perlu pemilihan aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dengan hail yang maksimal. Salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam membuat media pembelajaran ynag berkualitas adalah canva.com. Kelebihan dari Canva juga adalah dapat digunakan meskipun orang tersebut memiliki keterbatasan IT dan desain. Dengan alasan inilah kami tim pengabdian memandang pelatihan aplikasi ini penting untuk dilakukan untuk membantu guru di Yayasan Yatama Mandiri untuk dapat membuat sendiri media pembelajaran yang menarik. Penyelesaian masalah pada mitra PKM dilakukan melalui kegiatan workshop media pembelajaran berbasis Canva untuk menunjang penerapan pendekatan TPACK. Metode pelaksaan kegiatan meliputi seminar, metode diskusi, dan pendampingan pembuatan media pembelajaran.  Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) dilakukan pada tanggal 2-3 Juli 2021 dihadiri oleh guru-guru di Pesantren Tahfizul Quran Ar Rahmah Yayasan Yatama Mandiri. Hasil pelaksanaan kemitraan masyarakat dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan workshop dapat memberikan pengetahuan baru dan keterampilan bagi guru-guru di yayan Yatam Mandiri dalam membuat media pembelajaran berbasis Canva. Respons peserta sangat positif terhadap materi dan cara pelaksanaan workshop dan keduanya berada dikategori sangat tinggi.


Keywords


Media Pembelajaran, Canva, TPACK

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama

Leryan, L. P. A., Damringtyas C. P., Hutomo M. P. dan Printina B. I. 2018. The use of canva application as an innovate presentation media learning history. Jurnal Pendidikan Sejarah, 1.

Livingstone, S. 2012, “Critical reflections on the benefits of ICT in education”, Oxford Review of Education, Vol. 38 No. 1, pp. 9-24

Nikolopoulou, K. and Gialamas, V. 2016, “Barriers to ICT use in high schools: Greek teachers’ perceptions”, Journal of Computers in Education, Vol. 3 No. 1, pp. 59-75

Syamsidar, 2021. Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan

Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 24 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia). Skripsi. UNM

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.


Article Metrics

Abstract view : 588 times | PDF view : 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sitti Rahma Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: