Peningkatan Kualitas Proposal melalui Pelatihan Sitasi menggunakan Aplikasi Mendeley pada Mahasiswa Pengusul Proposal PKM 2022 Kelas Parepare Prodi Pendidikan Matematika

Sukarna Sukarna(1*), Aswi Aswi(2), Nurhilaliyah Nurhilaliyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v2i1.32826

Abstract


Pelatihan ini diilhami oleh keluhan mahasiswa mengenai format penulisan daftar pustaka Harvard Style pedoman PKM 2022. Sebagai penulis pemula, mereka merasa membutuhkan penjelasan lebih detail, walaupun dalam panduan telah ada contoh penulisannya. Mereka masih membutuhkan metode yang lebih sederhana, mudah, efektif dan efisien dalam mensitasi terkhusus Harvard Style. Tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi sitasi (Mendeley) dalam menuliskan sitasi dan daftar sitasinya; (2) meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya pemanfaatan aplikasi sitasi Mendeley; (3) meningkatkan wawasan, kemampuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan aplikasi yang lebih sederhana, mudah, lengkap, informatif dan inovatif dalam mendesain sitasi; dan (4) mengurangi jumlah mahasiswa yang membuat sitasi dan daftar sitasi manual. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah interaktif visualitatif melalui media online Zoom. Peserta yang terlibat sebanyak 20 orang yang sedang membutuhkan pendampingan dalam penyusunan Proposal PKM 2022. Hasil survey menunjukkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta. Hal ini dibuktikan dengan informasi yang diberikan oleh mahasiswa melalui angket yang disebarkan. Berdasarkan hasil angket diperoleh bahwa pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pengusul PKM 2022 dalam memanfaatkan aplikasi Mendeley meningkat; mahasiswa menyadari pentingnya metode praktis, mudah, efektif, dan efisien dalam membuat sitasi dan daftar sitasi

Keywords


Mendeley; PKM 2022; sitasi; bibliography; pelatihan

Full Text:

PDF

References


Falahi, A., & Hutasuhut, J. (2021). Pelatihan Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Layanan Konferensi dalam Media Pembelajaran Jarak Jauh di SDN Ajibaho. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MAJU UDA Universitas Darma Agung Medan, 76–86. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/download/1187/1017

Ngibad, K. (2020). Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Fikes Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara, 2(1), 110–116.

Riduwan, A. (2008). Penulisan Sumber Kutipan dan Daftar Pustaka (Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Artikel Jurnal) STIESIA Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya, 1–7. http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2014-2-1-84205-431409014-abstraksi-20012015024204.pdf

Simbelmawa-Kemendikbud. (2022). Program Kreativitas Mahasiswa: Pedoman Umum 2022. In G20 Indonesia 2022.

Sukarna, Aswi, Sulaiman, & Nurhilaliyah. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran New Normal melalui Pelatihan Google-Form pada Guru SMP Takalar Tahun 2020. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada …, 1(December). https://ojs.unm.ac.id/smart/article/view/24433


Article Metrics

Abstract view : 347 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sukarna Sukarna, Aswi Aswi, Nurhilaliyah Nurhilaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: