Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Menggunakan Kalkulator Casio fx-991EX ClassWiz

Syahrullah Asyari(1), S. Sabri(2*), D. Djadir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.26446

Abstract


Penggunaan kalkulator dalam pembelajaran matematika masih disalahpahami atau menjadi mitos yang berkembang di masyarakat. Padahal, penggunaan kalkulator mampu mewujudkan kemandirian siswa dalam belajar dan bertindak, dan sangat bermanfaat untuk menjawab tantangan abad 21. Kegiatan ini bertujuan menyosialisasikan pemanfaatan kalkulator ilmiah dalam pembelajaran matematika untuk mendeduksi mitos dan kesalahpahaman tentang kalkulator. Mitra dalam kegiatan ini adalah 11 guru yang berasal dari 11 sekolah dasar berbeda se-Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Sosialisasi pemanfaatan kalkulator ilmiah dalam pembelajaran matematika ini dilakukan melalui metode pelatihan secara daring via aplikasi Zoom Meeting yang mengadaptasi Direct Instruction Model. Dalam pelatihan ini, peserta menggunakan laptop atau smartphone dengan kalkulator Casio fx-991EX Classwiz versi online. Peserta juga diberi angket sebelum dan setelah kegiatan untuk mengetahui respon mereka terhadap kegiatan ini dan melihat capaian mereka. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa kesalahpahaman tentang penggunaan kalkulator dalam kelas matematika memang ada dan bisa dideduksi melalui pelatihan semacam ini. Buktinya, kemampuan merancang pembelajaran matematika dengan kalkulator ini meningkat sebesar 81,8%. Persepsi peserta tentang tujuan penggunaan kalkulator pun berubah positif sebesar 45,4% dari sekadar alat bantu pengerjaan pekerjaan rumah menjadi sumber belajar matematika di kelas. Bahkan seluruh peserta mengakui adanya potensi penggunaan kalkulator ilmiah ini dalam pembelajaran matematika di seluruh Indonesia.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Matematika Sekolah, Kalkulator Casio fx-991EX ClassWiz.


Keywords


Pembelajaran Matematika, Matematika Sekolah, Kalkulator Casio fx-991EX ClassWiz.

Full Text:

PDF

References


Advantages of Calculators. (2016, June 19). Diakses pada 11 Oktober 2021 dari https://studymoose.com/advantages-of-calculators-essay

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). McGraw-Hill Education.

Arends, R. I. (2015). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill Education.

Brookfield, S. D. (2006). The skillful teacher: on technique, trust, and responsiveness in the classroom. John Wiley & Sons, Inc.

Casio. (2020a). Scientific Calculator, Graphing Calculator, Software, Products, Casio. Diakses pada 4 Oktober 2021, dari (https://edu.casio.com/softwarelicense/index.php)

Casio. (2020b). Mengapa kalkulator bermanfaat. Diakses pada 11 Oktober 2021, dari

(http://edu.casio.com/id/forteachers/gakuhan/useful/)

Casio. (2020c). Apa Itu Gakuhan? Diakses pada 11 October 2021, dari (http://edu.casio.com/id/forteachers/gakuhan/).

Casio. (2021). Fx-991EX, Model ClasWiz. Diakses pada 03.52, October 5, 2021, dari (https://edu.casio. com/softwarelicense/index.php)

Close, S., Oldham, E., Surgenor, P., Shiel, G., Dooley, T., & O’Leary, M. (2008). The Effects of Calculator Use on Mathematics in Schools and in the Certificate Examinations: Final Report on Phase II. St Patrick’s College, Dublin, Irlandia.

Kepribadian. (2021, September 7). Di Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Diakses pada 7 September 2021, dari https://id.wikipedia.org/ w/index.php?title=Kepribadian&oldid=1 9080077

Khittah. (2021). Dosen Matematika UNM Latih Guru di Bantaeng Merancang Pembelajaran dengan Kalkulator. Diakses pada 4 November 2021, dari (https://www.khittah.co/dosen-matematika-unm-latih-guru-di-bantaeng-merancang-pembelajaran-dengan-kalkulator/23351/)

Martiany, D. (2019). Tantangan dan Peluang Revolusi Industri 4.0 bagi Perempuan, Buletin Info Singkat: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vol. XI, No.05/I/Puslit/Maret.

McLeod, J., Fisher, J. & Hoover, G. (2003). The Key Elements of Classroom Management. The Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2015). Calculator Use in Elementary Grades. Diakses pada 4 November 2021, dari (https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Position-Statements/Calculator-Use-in-Elementary-Grades/

Republika. (2012). Kalkulator Bukan Alat Mencontek. Diakses pada 4 November 2021, dari https://www.republika.co.id/berita/mdzhmc/kalkulator-bukan-alat-mencontek

Republika. (2016). Kalkulator Ilmiah Berbahasa Indonesia. Diakses pada 4 November 2021, dari https://www.republika.co.id/berita/oeirw64/kalkulator-ilmiah-berbahasa-indonesia

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syahrullah Asyari, S. Sabri, D. Djadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: