Pelatihan Pembelajaran Matematika di Era New Normal Bagi Guru di Kabupaten Bantaeng

Nurdin Arsyad(1), Said Fachry Assagaf(2*), A. Alimuddin(3), Muhammad Darwis(4),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jln. Mallengkeri Raya, Makassar, Indonesia
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jln. Mallengkeri Raya, Makassar, Indonesia
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jln. Mallengkeri Raya, Makassar, Indonesia
(4) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Jln. Mallengkeri Raya, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.26445

Abstract


Pengabdian adalah pelatihan pelaksanaan pembelajaran matematika non-tatap muka di era new normal. Pengabdian ini dilaksanakan bagi guru kabupaten Bantaeng pada tingkatan SD, SMP, dan SMA/SMK. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di era new normal akibat dari pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah pemberian materi dan pembimbingan. Pelatihan ini diikuti oleh 28 guru di berbagai tingkatan. Evaluasi berupa angket respon peserta terhadap pengabdian ini diberikan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan pengabdian ini.

 

Kata Kunci: Covid-19, matematika, new normal, pelatihan guru.


Keywords


Covid-19, matematika, new normal, pelatihan guru.

Full Text:

PDF

References


Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Huzaimah, P., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [The Effectiveness Of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1-12.

Nurani, N., Uswatun, D., & Maula, L. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50-56. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1151

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21-27.

Contoh: APA Style dan saran kami untuk menggunakan Mendeley dan minimal 5 referensi. (Times New Roman 11 pt, Spacing: before 6 pt; after 6 pt, Line spacing: single).

Sari, T., & Cahyono, A. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Android “Fun Math” Sebagai Alternatif Belajar Matematika di Tengah Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1283-1298. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.355


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurdin Arsyad, Said Fachry Assagaf, A. Alimuddin, Muhammad Darwis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: