Pemanfaatan Media Sosial untuk Bisnis Online Bagi Kelompok Usaha Mikro

Vistarani Arini Tiwow(1*), Bunga Dara Amin(2), S. Arini Sulistiawaty(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia
(2) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia
(3) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar, Kampus UNM Parangtambung Makassar, 90221, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24436

Abstract


Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Usaha Mikro di Desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah pelaku usaha masih menggunakan strategi pemasaran secara konvensional dalam memasarkan produknya sehingga ruang lingkup pemasaran masih terbatas serta pelaku usaha minim pengetahuan dan keahlian dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran sehingga pelaku usaha masih bingung bagaimana cara melakukan pemasaran. Kegiatan yang dilaksanakan berupa sosialisasi dengan metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, serta evaluasi program. Hasil yang dicapai adalah pengetahuan mitra tentang pengenalan sosial media, strategi pemasaran online melalui media sosial dalam kegiatan usaha, dan tutorial akun facebook yang digunakan untuk bisnis online meningkat. Selain itu, pengetahuan mitra untuk memanfaatkan media sosialnya seperti facebook sebagai sarana pemasaran meningkat.


Keywords


media sosial, bisnis online, sosialisasi, facebook.

Full Text:

PDF

References


Antika, E. dan Ismailia, T. (2016). Pemanfaatan e-commerce untuk meningkatkan pemasaran produk UD Wahana Mandiri Sejahtera Jember. Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dana BOPTN Tahun 2016, 228-231.

Candraningrum, D. A., Rusdi, F., dan Hapsari, Z. R. (2021). Pengelolaan media sebagai sarana promosi usaha warung bakso mahkota. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1): 29-38.

Damayanti dan Bulan, W. (2018). PKM pemanfaatan media sosial instagram Kelompok UKM kuliner Depok. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Gani, A., A. dan Basalamah, J. (2019). Sosial media sebagai strategi marketing pada usaha mikro kecil di Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2): 163-170.

Permatasari, M. P. dan Endriastuti A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(1): 91-99.

Sadiyah, K., Septiningrum, L. D., Hasan, J. M., Gustiasari D. R., dan Darsita, I. (2020). Pengenalan digital marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga (IRT) Majelis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi PKM UNPAM, 1(3): 1-8.

Woelandari, D. S. dan Setyawati, N. W. (2018). Sosialisasi menggunakan media sosial berbasis digital. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1): 1-5.


Article Metrics

Abstract view : 246 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vistarani Arini Tiwow, Bunga Dara Amin, S. Arini Sulistiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: