Penerapan Inovasi dalam Desain Kemasan Produk Keripik Singkong Kelompok Usaha Mikro di Desa Sokkolia, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa

Pariabti Palloan(1*), U. Usman(2), Mutahharah Hasyim(3),

(1) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24435

Abstract


Tujuan dari diadakannya pelatihan penerapan desain kemasan produk keripik singkong adalah: (1) memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya teknologi dan penggunaan teknologi dalam kehidupan; (2) meningkatkan motivasi dan minat masyarakat dalam mengembangkan industry rumah tangga; dan (3). menghasilkan suatu produk desain kemasan kreatif dan inovatif yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil usaha produksi keripik singkong kelompok usaha mikro. Metode yang digunakan adalah observasi, penerapan inovasi dan kemasan produk , dan melakukan evaluasi hasil penerapan. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah (i) meningkatkan pemahaman mitra terkait penerapan desain produk kemasan dan (ii) desain kemasan produk keripik singkong . Simpulan yang diperoleh dari kegiatan ini adalah (i) pengetahuan mitra dalam mendesain produk kemasan produk keripik singkong meningkat dan (ii) motivasi mitra dalam menerapkan desain kemasan produk meningkat.


Keywords


Desain Produk Kemasan, Keripik Singkong,Pelatihan.

Full Text:

PDF

References


Ginting, E. (2002). Teknologi Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Ubi kayu Menjadi Produk-Antara untuk Mendukung Agroindustri. Buletin Palawija, (4), 67 – 83. Malang.

Haris, W.A., dkk. (2017). Analisis Peranan Subsektor Tanaman Pangan terhadap Perekonomian Jawa Barat. Journal of Regional and Rural Development Planning. 1(3), 231 – 242.

Hidayat, Moch Junaidi, (2009). Analisis Industri Budaya pada Desain Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah (IKM). Asintya; Jurnal Penelitian Sains dan Budaya. 1(2).

Irawati, N., Nurcahyaning, D.K. (2019). Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(1).

Listyawati, Indri Hastuti. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, [S.l.], 3(1), june 2016. ISSN 2252-5483.

Nugrahani, Rahina, 2015. Peran Desain Grafis Pada Label dan Kemasan Produk Makanan UMKM. Jinasi, Jurnal Seni. IX (2)- Juli 2015.


Article Metrics

Abstract view : 368 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pariabti Palloan, U. Usman, Mutahharah Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: