Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa

Andi Asmawati Azis(1*), Arifah Novia Arifin(2), Firdaus Daud(3),

(1) Prodi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNM
(2) Prodi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNM
(3) Prodi Prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/smart.v1i1.24431

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa pengaruh terhadap bidang pendidikan dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh pemanfaatan e-learning yang semakin tinggi dalam dunia pendidikan. Dari hasil survei yang dilakukan oleh tim pelaksana pengabdian beberapa waktu sebelumnya didapati kondisi sasaran peserta pengabdian yakni guru sekolah menengah di kabupaten gowa provinsi Sulawesi selatan, diantaranya minimnya pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran digital dan yang kedua kurangnya kreativitas guru untuk berinovasi mengembangkan alat evaluasi yang berbasis digital. Pemanfaatan aplikasi ispring sebagai sebagi aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran digital masih jarang dilakukan. Oleh karena itu dengan pemanfaatan ispring dapat meningkatkan kreatifitas guru-guru dalam meningkatkan proses evaluasi pembelajaran digital. Tujuan pelaksanaan program kemitraan masyarakat kali ini ialah untuk meningkatkan kemampuan evaluasi pembelajaran digital di kalangan guru sekolah menengah yang mengarah pada peningkatan kualitas proses PBM dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang mengarah pada 21st century learning, sehingga dalam pelaksanaan program ini Tim PKM memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan mitra dengan memberikan pengetahuan kepada guru untuk memanfaatkan aplikasi dalam pengembangan evaluasi pembelajaran digital dan melatih guru dalam menerapkan aplikasi evauasi pembelajaran digital sebagai salah satu platform dalam membuat evaluasi pembelajaran. Pada pelaksanakan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa metode/pendekatan yakni: (1) kerja praktek; (2) diskusi dan tanya jawab; (3) tugas mandiri/terstruktur; (4) review tugas;(5)  dan konsultasi. Adapun Jenis luaran yang dihasilkan sesuai dengan rencana kegiatan (target) yaitu guru memiliki pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi evaluasi pembelajaran digital sehingga guru memiliki soft skill yang dapat mendukung proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas.


Keywords


evaluasi, digital, ispring, e-learning.

Full Text:

PDF

References


AECT. (2004). Definisi Teknologi Pendidikan satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT: Seri Pustaka teknologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aisyah, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran Berbasis It Dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Sosial Budaya. 8 (1). 55-63.

Bauman. (2016). Pengertian iSpring. http://www.ispringsolutions.com/.

Fuady, M.J. (2016). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online Untuk Pendidikan Jarak Jauh. Tekno Journal. 26. 148-154.

Irwanto. (2020). Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan p-ISSN 2407-4837, e-ISSN 2614-1728 Volume 7, Nomor 1, Mei 2020.

Kuswanto, J., Destiarini, D., Rahman, A., Okta, J., & Muris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Power Point Dan Ispring Bagi Guru-Guru Smp N 42 Oku. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 163-169. doi:10.36841/integritas.v4i1.551.

Lee, S. S., Hung, D., & Teh, L. W. (2014). Toward 21st Century Learning : An Analysis of Top Performing Asian Education System's Reforms. Asia-Pasific Edu Res, 23(4): 779-781.

Martiningsih, Rr. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Himpunan Dengan Menggunakan Aplikasi

Ispring Suite 8. Jurnal Teknodik. 22 (1).

Ramadhani, D., Erni, F., dan Dini, O. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di SMA Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 3 (1).

Sari, Maisyarah P., dan Ridwan. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran IPA Kelas IX Di SMP Negeri 5 Panyabungan. Jurnal Penelitian Ipteks. 5 (2): 216-223.

Yuniasih, N., Aini, R.N., dan Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. JIP. 8(2): 85-94 .

Zahara, N. (2015). Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X Man Model Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 480-484.


Article Metrics

Abstract view : 372 times | PDF view : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Asmawati Azis, Arifah Novia Arifin, Firdaus Daud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: