Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Basa Rinengga Kelas X SMA

Latif Hasan Nur(1*), Darni Darni(2), Adinda Zahroh Alfiranda(3),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembelajaran bahasa Jawa di SMA Islam Temayang termasuk ke dalam pembelajaran konvensional atau tradisional, terutama dalam materi basa Rinengga. Banyak siswa yang kurang mengerti materi tersebut dikarenakan media pembelajaran yang digunakan tidak menarik. Selain itu metode pembelajaran masihmenggunakan metode ceramah, maka diperlukan adanya inovasi baru. Penelitian ini diadakan karena untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi Basa Rinengga di kelasX SMA Islam Temayang serta efektivitas penggunaan produk media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dijabarkan oleh Sugiono. Prosedur penelitian terdiri dari identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk, danproduksimassal. Populasi dan sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 80 siswa. Hasil validasi ahli materi dan media mendapatkan skor 90% dan 92% yang artinya sangat layak digunakan pembelaran di kelas. Hasil uji coba produk dilapangan menghasilkan nilai rata rata 38,5% untuk pre test dan 82,3% untuk post test. Setelah perlakuan. Hal tersebut menunjukkan adanya perubuhan siginifikan terhadap pembelajaran basa rinengga dengan menggunakan media berbabsis videoanimasi. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah media pembelajaran berbasis video animasi mampu meningkatkan kemampuan siswa dan mejadikan pembelajaran lebih efektif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian :

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT

Rineka Cipta

Aminah, Siti. 2019. Pengembangan Video

Animasi Sebagai Media Pembelajaran

Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak

Usia 4-5 Tahun. Undergraduate thesis, UIN

Raden Intan Lampung.

http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9

Ayuningrum, Fiskha. 2012. Pengembangan

Media Video Pembelajaran Untuk Siswa

Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup

Kontinental di SMKN 2 Godean. Skripsi.

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pendidikan dan Kebudayaan dan

Penjaminan Mutu Pendidikan. Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan. Model

Pembelajaran Penemuan (Discovery

Learning).

Chayani, Dwi Fitriani. 2021.

Pengembangan Media Pembelajaran Video

Animasip pada Mata

Pelajaran Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Negeri 4 Muorojambi. Fakultas Tarbiyah

Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan

Thaha Saifudin Darman, A. Regina. 2020. Belajar

dan Pembelajaran. Bogor : Guepedia

Kristanto, Andi. 2016. Media Pembelajaran.

Surabaya: Bintang Surabaya

Musriwati. 2015. Ngundhakake Kawasisan

Ngetrepake Basa Rinengga Kanthi Metodhe

Make A Match Klas VII H SMP Negeri 1

Baron Tahun Pamulangan 2015-2016.

UNESA : Jurnal Baradha Vol 1 No 1 (2016)

: program SKG 2013. J.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/barad

ha/article/view/14392

Pratama, Ardtan. Widodo, Sutrisno. 2018.

Pengembangan Media Video Pembelajaran

Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi

Pokok Aksaraja Jawa Untuk Kelas IV di SD

Negeri 1 Jemundo, Sidoarjo.Vol 9, No

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index

.php/jmtp/article/view/24133/0

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta:

Divapress

Sasmia, Windi Tri (2012) Pengembangan media

video pembelajaran berbicara bahasa Jawa

siswa kelas II di SDN Kesatrian 1 Malang /

Windi Tri Sasmia. Diploma thesis,

Universitas Negeri Malang.

http://repository.um.ac.id/id/eprint/142996

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung : Alfabeta

Sumiharsono, M.Rudi. Hasanah, H. 2017. Media

Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi

Setyawan Aditya, Dodiet. 2021. Hipotesis dan

Variabel Penelitian. Sukoharjo: Tahta Media

Group

Yaumi. 2018. Media Teknologi Pembelajaran.

Jakarta: Prenadamedia Group


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.