EFEKTIVITAS MODIFIKASI PERMAINAN BASKET TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 KECAMATAN PANTI KABUPATEN PASAMAN

Rahmad Aziz M(1*), Anton Komaini(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan motorik anak tunagrahita di SLBN 1 Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bermaksud buat mengenali efektifitas game perubahan bola basket terhadap kemampuan motorik anak tunagrahita enteng di SLBN 1 Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Tipe penelitian ini tercantum tipe penelitian penelitian imajiner. Populasi penelitian merupakan penyandang tunagrahita ringan di SLBN 1 Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. yang berjumlah 43 orang. Metode pengumpulan ilustrasi merupakan dengan metode Purposive sampling, Hingga ilustrasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Sebabnya, ilustrasi terkategori jenis tunagrahita ringan. Instrumen dalam penelitian ini memakai uji dribbling, catch pass serta shooting buat mengukur keahlian motorik anak tunagrahita ringan. Analisa informasi memakai uji t. Hasil penelitian menyebutkan bahwa perolehan koefisien uji ”t” yaitu thitung = 4,50 > ttabel = 1,833. Dapat disimpulkan modifikasi permainan basket dapat meningkatkan Keterampilan motorik anak tunagrahita ringan di SLBN 1 Pasaman.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Nunung. (2012). Seluk Beluk

Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya.

Yogyakarta: Javalitera

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen

Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Gusril. (2015). Perkembangan Motorik

Pada Masa Anak-anak. Padang: UNP

Press.

(2017). Perkembangan Motorik Pada

Masa Anak-anak. Padang: UNP Press.

Hanel, Shaghahur Rahman (2020).

Efektivitas Permainan Modifikasi

Bolabasket Terhadap Kemampuan

Motorik Kasar Tunagrahita. Jurnal

Menssana. Vol.5, No.1. E-ISSN 2622-

Sujiono, (2008:211) “Permainan

modifikasi merupakan salah satu inovasi

pembelajaran dalam pendidikan jasmani

dalam motorik yang disesuaikan dengan

karakteristik

Komaini, Anton (2018). Kemampuan

Motorik Anak Usia Dini. Depok: Rajawali

Press

Sujiono, (2008:211) “Permainan

modifikasi merupakan salah satu inovasi

pembelajaran dalam pendidikan jasmani

dalam motorik yang disesuaikan dengan

karakteristik

Sari, Siti Fatimah Sari (2017). Pendidikan

Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus

Tunagrahita Sedang Di SLBN

Purwakarta). Jurnal Penelitian & PKM.

Vol4, No.2

Smith, David. (2009). Inklusi: Sekolah

Ramah untuk Semua, terjemahan Enrica

Denis. Bandung: Nuansa

Widiati ,Murtadho (2007:61)

keterbelakangan mental adalah keadaan

berhenti atau tidak lengkapnya

perkembangan intelektual

Meimulyani, 2013: 24. “Olahraga adaptif

dipakai buat penataran berolahraga untuk

anak berkebutuhan khusus


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.