Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SD Inpres Perumnas Antang I Kota Makassar
(1) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
The main problem faced by the partners is not yet a
good understanding of the concept of action research (CAR),
the Partners cannot distinguish between types of classroom
action research with other research, and partners do not
understand the procedures for the preparation of classroom
action research report. Therefore, in order to overcome the
problems mentioned above, the proposed solution is to conduct
training and guidance to partners on research, class actions,
particularly in the preparation of classroom action research
report. The training is expected to produce a systematic format
of writing/preparation of reports Classroom Action Research
(CAR), and teachers who have been trained (partners) have the
skills/understanding in preparing classroom action research
report.
Full Text:
PDFReferences
Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Researh Reader.
Victoria, Deakin University Press.
Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala
BAKN Nomor 0433/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya.
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor
/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 025/0/1995.
Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya
Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit
Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud,
Dikdasmen.
Suhardjono. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat
Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat
Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian
Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan
Peningkatan Mutu Guru di Makassar”.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat
Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik
dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah,
Departemen Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 193 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.