Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SD Inpres Perumnas Antang I Kota Makassar

Sirajuddin Saleh(1*), Haerul Haerul(2),

(1) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The main problem faced by the partners is not yet a
good understanding of the concept of action research (CAR),
the Partners cannot distinguish between types of classroom
action research with other research, and partners do not
understand the procedures for the preparation of classroom
action research report. Therefore, in order to overcome the
problems mentioned above, the proposed solution is to conduct
training and guidance to partners on research, class actions,
particularly in the preparation of classroom action research
report. The training is expected to produce a systematic format
of writing/preparation of reports Classroom Action Research
(CAR), and teachers who have been trained (partners) have the
skills/understanding in preparing classroom action research
report.


Full Text:

PDF

References


Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Researh Reader.

Victoria, Deakin University Press.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala

BAKN Nomor 0433/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang

Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka

Kreditnya.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor

/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 025/0/1995.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyusunan Karya

Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit

Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud,

Dikdasmen.

Suhardjono. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat

Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat

Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian

Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan

Peningkatan Mutu Guru di Makassar”.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat

Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik

dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah,

Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.