PKM IMPLEMENTASI CAREER COACHING REMAJA MTs AN-NUR RAPPOKALLING MAKASSAR

Nur Akmal(1*), Perdana Kusuma(2), Novita Maulidya Djalal(3), Muh. Riyadh Ma’Arif(4), Nurul Alwiah(5),

(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah MTs An-Nur Rappokalling Makassar. Masalahnya ialah kebanyakan remaja di MTs An-Nur mengalami kebingungan akan perencanaan karir setelah lulus, siswa cenderung gelisah dan cemas mengenai apa yang harus dilakukan setelah selesai menempuh pendidikan dan arah melanjutkan karir studi yang bisa memudahkan mereka untuk menggapai impiannya. Kegiatan ini berguna dalam membantu remaja mengenali dan menemukan potensi yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini: ice breaking, psikoedukasi career plan (who am i? dan goal setting), dan coaching group Points of You.  Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini: 1) melalui ice breaking suasana kegiatan fasilitatoran menjadi rileks dan nyaman, sehingga siswa tidak jenuh dan efektif meningkatkan konsentrasi siswa agar penyerapan materi diperoleh secara maksimal, 2) setelah pemberian materi How am I dan pelaksanaan coaching group para siswa mengakui telah mengenali potensi mereka, yang digarap dari segi kelemahan dan kelebihan untuk menentukan orientasi vokasional mereka, 3) pada hasil tugas yang telah diberikan (1 minggu pasca kegiatan) para siswa sudah mampu melakukan perencanaan karir dalam skala jangka pendek dan jangka panjang.

 

 

Kata kunci: Coaching Group, Psikoedukasi, Points of You, Perencanaan Karir

Full Text:

PDF

References


Baumeister, R. F., Gailliot, M., DeWall, C. N., & Oaten, M. (2006). Self‐regulation and personality: How interventions increase regulatory success, and how depletion moderates the effects of traits on behavior. Journal of personality, 74(6), 1773-1802.

Bozer, G., & Santora, J. C. (2015). Executive Coaching: Does Coach-Coachee Matching Based on Similarity Really Matter. Research, 67(3), 218–233.

Brott, P. E., & Myers, J. E. (1999). Development of professional school counselor identity. Professional school counseling, 2(5), 339-348.

Budiono, A. N., & Laily, Q. (2018). Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 123–128.

Christin Wibowo, dkk. (2019). MEMBUMIKAN PSIKOLOGI: IMPLEMENTASI DI MASYARAKAT. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata

Erikson, Erik. 2010. Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Feldi. (2020). Survei: 87 Persen Mahasiswa di Indonesia Salah Jurusan. Diakses pada 6 Februari 2022, melalui link: https://www.inews.id/news/nasional/survei-87-persen-mahasiswa-di-indonesia-salah-jurusan

Grant, A. M., Passmore, J., Cavanagh, M. J., & Parker, H. M. (2010). The state of play in coaching today: a comprehensive review of the field.

Hameed, A., & Waheed, A. (2011). Employee Development and Its Affect on Employee Performance a Conceptual Framework. Business and Social Sciene, 2(13), 224–229.

Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Intan. (2019). Sebagian Besar Siswa SMA dan SMK Masih Bingung Memikirkan Masa Depan, Mau Jadi Apa? Diakses pada 6 Februari 2022, melalui link: https://wartakota.tribunnews.com/2019/11/04/sebagian-besar-siswa-sma-dan-smk-masih-bingung-memikirkan-masa-depan-mau-jadi-apa.

Kayyis Fithri Ajhuri. 2019. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Larsson, G., Sjöberg, M., Nilsson, S., Alvinius, A., & Bakken, B. (2007). Indirect leadership: A quantitative test of a qualitatively developed model. Leadership & organization development journal.

Lestari, D., & Aristiyo, D. N. (2019). Analisis Metode Coaching Terhadap Kesiapan Menghadapi Ujian Nasional Siswa Kelas IX SMP N 02 Paguyangan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 234-234.

Marcia, J., Waterman A.S., Matteson, D.R. S.L. Archer, J.L. Orlofsky. 1993. Ego Identity a Handbook for Psychosocial research. Springer Verlag: New York Inc.

Nadiah, S., Nadhirah, N. A., & Fahriza, I. (2021). Hubungan faktor perkembangan psikososial dengan identitas vokasional pada remaja akhir. Quanta, 5(1), 21-29.

Novitasari, D., & Asbari, M. (2021). Leaders Coaching di Sekolah: Apa Perannya terhadap Kinerja Guru? Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 580-597.

Pasaribu, N. H. (2021). Penerapan Coaching dalam Program Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1928-1939.

Ramadhani, I. W., Fahmawati, Z. N., & Affandi, G. R. (2021). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa di smp muhammadiyah 1 sidoarjo. Altruis: Journal of Community Services, 2(3).

Rosenberg, M. (1965). Rosenberg self-esteem scale (RSE). Acceptance and commitment therapy. Measures package, 61(52), 18.

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua.

Sari, N., Tarsono, T., & Kurniadewi, E. (2016). Pengaruh Status Identitas terhadap Orientasi Masa Depan Area Pekerjaan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 121-138.

Sheldon, K. M., & Houser-Marko, L. (2001). Self-concordance, goal attainment, and the pursuit of happiness: Can there be an upward spiral?. Journal of personality and social psychology, 80(1), 152.

Sonesh, S. C., Coultas, C. W., Lacerenza, C. N., Marlow, S. L., Benishek, L. E., & Salas, E. (2015). The power of coaching: a meta-analytic investigation. Coaching: An International Journal of Theory, Research and Practice, 8(2), 73-95.

Weiser, J. (1999). Photo Therapy Techniques. Jossey-Bass Pls. of San Francisco. USA

Wutsqo, B. U., Rizky, D. M., & Hidayat, D. R. (2020). Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Yudrik, J. (2011). Psikologi Perkembangan, edisi pertama. Jakarta: Prenadamedia Group

Yuliati, N. (2012). Krisis Identitas sebagai Problem Psikososial Remaja. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.


Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.