Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMK Negeri Limboro

Abd. Rijal(1*), M. Yusuf A. Ngampo(2), Sahade Sahade(3), Nuraisyiah Nuraisyiah(4),

(1) Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian atau kegiatan ilmiah dan bermetode yang dilakukan oleh guru didalam kelas dengan mengunakan tindakan-tindakan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Ilmiah yaitu suatu yang bersifat atau berada dalam keilmuan dan metode yaitu cara berfikir, obyektif, rasional, sistematis berdasarkan fakta untuk menemukan, membuktikan, mengembangkan dan mengevaluasi suatu pengetahuan. Guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas ada tiga hal yang penting yaitu sebagai guru apa yang akan ditingkatkan, dengan apa meningkatkan, serta siapa yang ditingkatkan, maka guru yang tahu kondisi kelasnya, setelah guru melakukan penelitian tindakan kelas maka guru membuat laporan kegiatan ilmiah yaitu laporan penelitian hasil lapangan, maka hasil penelitian tersebut dikemas menjadi karya tulis ilmiah tentu karya tulis ilmiah. Pelaksanaan kegiatan PKM ini berfokus kepada pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, yang terbagi atas tiga sesi latihan terhadap materi yang telah diberikan pada setiap akhir pertemuan. Pelaksanaan PKM  di pusatkan di SMK Negeri Limboro Polman. Peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena peserta mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel.

Kata kunci: Penelitian tindakan kelas.


Full Text:

PDF

References


Carr, Wilfred and Kemmis, Stephen .1999. Becoming Critical: Education, Knowledge, and Action Research. Burwood, Victoria: Deakin University.

Elliot, John. 2002. Action Research for Educational Change. Philadelphia: Open University Press.

Gunawan. 2009. Makalah Untuk Pertemuan Dosen. http://uny.ac.id, 19 Mei 2009.

Hopkins, David. 1999. A.Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional pendidikan.

Wiriaatmadja Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.